Mengeksplorasi Dampak Media Wordwall pada Hasil Belajar Siswa: Studi Paired Sample t-test
Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dan pendidik telah mencoba berbagai metode dan alat. Salah satu metode yang semakin populer adalah penggunaan media wordwall. Media wordwall adalah alat yang menggunakan kata-kata dan frasa yang relevan untuk membantu siswa memahami dan mengingat konsep-konsep kompleks. Namun, masih ada pertanyaan tentang apakah penggunaan media wordwall benar-benar meningkatkan hasil belajar siswa.
Untuk menjawab pertanyaan ini, kami melakukan studi paired sample t-test yang melibatkan 30 siswa dari kelas yang berbeda. Sebelum menggunakan media wordwall, kami mengukur skor rata-rata siswa dalam tes standar. Kemudian, kami mengimplementasikan media wordwall selama 6 minggu dan mengukur skor rata-rata siswa lagi pada akhir periode tersebut.
Hasil dari studi kami menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam skor rata-rata siswa sebelum dan setelah penggunaan media wordwall. Skor rata-rata siswa sebelum menggunakan media wordwall adalah -8,759, sedangkan setelah menggunakan media wordwall, skor rata-rata siswa meningkat menjadi 2,090. Nilai t dari uji paired sample t-test kami adalah -4,190, dengan tingkat kebebasan 28 dan nilai signifikansi 2-tailed sebesar.000.
Hasil dari studi kami menunjukkan bahwa penggunaan media wordwall dapat secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Media wordwall dapat membantu siswa memahami dan mengingat konsep-konsep kompleks dengan lebih efektif, yang dapat mengarah pada peningkatan skor tes. Ini menunjukkan bahwa guru dan pendidik dapat mempertimbangkan untuk mengimplementasikan media wordwall sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.