Maksimalkan Pembagian Kelompok dalam Perkemahan
Dalam sebuah perkemahan, seorang kepala regu ingin membagi tiga kelas yang ada menjadi beberapa regu dengan jumlah anggota yang sama. Kelas pertama terdiri dari 45 murid, kelas kedua terdiri dari 60 murid, dan kelas ketiga terdiri dari 50 murid. Tugas kepala regu adalah menentukan jumlah maksimum siswa yang dapat dimasukkan ke setiap kelompok. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita perlu mencari faktor-faktor dari jumlah siswa dalam setiap kelas. Dalam kasus ini, faktor-faktor dari 45 adalah 1, 3, 5, 9, 15, dan 45. Faktor-faktor dari 60 adalah 1, 2, 3, 4, 5, 6, 10, 12, 15, 20, 30, dan 60. Faktor-faktor dari 50 adalah 1, 2, 5, 10, 25, dan 50. Kita dapat melihat bahwa faktor-faktor yang sama dari ketiga angka adalah 1 dan 5. Oleh karena itu, jumlah maksimum siswa yang dapat dimasukkan ke setiap kelompok adalah 5. Dengan demikian, kepala regu dapat membagi kelas pertama menjadi 9 regu dengan 5 siswa di setiap regu, kelas kedua menjadi 12 regu dengan 5 siswa di setiap regu, dan kelas ketiga menjadi 10 regu dengan 5 siswa di setiap regu. Dengan membagi siswa ke dalam kelompok dengan jumlah yang sama, perkemahan akan menjadi lebih terorganisir dan siswa akan memiliki kesempatan untuk bekerja sama dan belajar dari satu sama lain. Selain itu, dengan jumlah siswa yang seimbang dalam setiap kelompok, aktivitas dan permainan di perkemahan dapat dilakukan dengan lebih efektif. Dalam kesimpulannya, kepala regu dapat memaksimalkan pembagian kelompok dalam perkemahan dengan membagi kelas menjadi regu dengan jumlah siswa yang sama. Dalam kasus ini, jumlah maksimum siswa yang dapat dimasukkan ke setiap kelompok adalah 5. Dengan pembagian yang seimbang, siswa akan dapat bekerja sama dan belajar dengan lebih baik.