Kinerja Guru dengan Tugas Tambahan di MTs Al Hikmah Singorojo Kabupaten Kendal: Tinjauan Kebijakan dan Kendal

essays-star 4 (246 suara)

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kebijakan sekolah, kinerja guru dengan tugas tambahan, kendala yang dihadapi, dan upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut di MTs Al Hikmah Singorojo, Kabupaten Kendal. Kebijakan sekolah terkait beban mengajar guru dengan tugas tambahan mengikuti pedoman Permendikbud Nomor 15 Tahun 2018. Meskipun kinerja guru dalam aspek kualitas kerja komunikasi dan kemampuan kerja cukup baik, namun masih terdapat kekurangan dalam kecepatan/ketepatan kerja dan inisiatif. Kendala yang dihadapi guru meliputi pembiayaan sekolah yang belum stabil dan rendahnya dukungan orang tua dan masyarakat. Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kendala tersebut antara lain melalui dana sukarela dan pendekatan komunikasi door to door. Dengan demikian, penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang dinamika kinerja guru dengan tugas tambahan di MTs Al Hikmah Singorojo, serta menyoroti tantangan dan solusi yang dihadapi dalam konteks pendidikan di Kabupaten Kendal. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik di masa depan.