Tantangan dan Peluang Pendidikan di Era Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 telah mengubah lanskap pendidikan secara drastis, memaksa kita untuk mengeksplorasi potensi teknologi dalam mendukung proses pembelajaran. Meskipun teknologi memberikan akses yang luas terhadap informasi, peran guru dan dosen tetap tak tergantikan dalam membentuk nilai, kerja sama, dan kompetensi siswa. Sebagaimana disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam, dalam acara Medan International Conference on Energy and Sustainability, tantangan ini juga membuka peluang bagi pengembangan kreativitas dalam pendidikan. Saat ini, tantangan utama adalah bagaimana teknologi dapat digunakan secara efektif untuk memastikan pembelajaran tetap berjalan lancar. Selain mentransmisikan pengetahuan, pendidikan juga harus mampu menghasilkan pembelajar mandiri, keterampilan yang sangat penting di abad ke-21. Masa pandemi ini menjadi momen penting untuk melatih mahasiswa agar mampu belajar secara mandiri melalui kelas daring dan webinar. Kolaborasi antar mahasiswa juga menjadi kunci dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran dan menghadapi tantangan nyata. Namun, tantangan tidak hanya dialami oleh mahasiswa, tetapi juga oleh para dosen. Mereka perlu memastikan bahwa materi pembelajaran dapat dipahami dengan baik oleh mahasiswa. Pembelajaran daring menjadi tantangan tersendiri di Indonesia, terutama di daerah terpencil yang masih kesulitan akses internet. Hal ini menuntut kerja sama semua pihak untuk memastikan teknologi dapat menjawab kebutuhan nyata mahasiswa dan pelajar, terutama yang kurang beruntung secara ekonomi. Di tengah kondisi pandemi, pemangku kebijakan pendidikan harus mampu menyesuaikan diri dengan kebijakan Merdeka Belajar-Kampus. Program-program seperti relawan pengendalian Covid-19 (RECON) dan KKN menjadi langkah konkret dalam menghadapi tantangan ini. Keselarasan antara teknologi, kreativitas, dan kerja sama menjadi kunci dalam menjawab tantangan dan memanfaatkan peluang pendidikan di era pandemi Covid-19.