Pengembangan RPP Kelas 1 Berbasis Kurikulum Merdeka

essays-star 4 (358 suara)

Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk kelas 1 yang selaras dengan Kurikulum Merdeka menandai sebuah perubahan signifikan dalam pendidikan di Indonesia. Kurikulum Merdeka sendiri hadir dengan semangat memberikan keleluasaan bagi guru untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik.

Mengapa RPP Kurikulum Merdeka Berbeda?

RPP Kurikulum Merdeka untuk kelas 1 dirancang agar lebih sederhana, fleksibel, dan fokus pada pengembangan kompetensi peserta didik. Hal ini berbeda dengan RPP pada kurikulum sebelumnya yang cenderung kaku dan berpusat pada guru. Perbedaan utama terletak pada penekanan pada pembelajaran berbasis projek, penggunaan asesmen formatif, dan pengintegrasian nilai-nilai profil pelajar Pancasila.

Langkah-Langkah Menyusun RPP Kelas 1

Penyusunan RPP kelas 1 berbasis Kurikulum Merdeka memerlukan pemahaman yang mendalam tentang capaian pembelajaran yang ingin dicapai. Langkah awal adalah mengidentifikasi tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, kemudian dilanjutkan dengan menentukan alur, metode, dan media pembelajaran yang tepat. Guru juga perlu merancang asesmen yang sesuai untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran.

Penerapan Pembelajaran Berbasis Projek

Salah satu ciri khas RPP Kurikulum Merdeka adalah penerapan pembelajaran berbasis projek. Melalui projek, peserta didik kelas 1 didorong untuk mengeksplorasi minat dan bakatnya, serta belajar memecahkan masalah secara kreatif. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam proses pembelajaran.

Peran Asesmen Formatif dalam RPP

Asesmen formatif menjadi bagian integral dalam RPP Kurikulum Merdeka. Berbeda dengan asesmen tradisional yang hanya berfokus pada hasil, asesmen formatif lebih menekankan pada proses pembelajaran. Informasi yang diperoleh dari asesmen formatif digunakan untuk memberikan umpan balik kepada peserta didik dan memperbaiki proses pembelajaran.

Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila

RPP Kurikulum Merdeka kelas 1 juga mengintegrasikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dalam setiap aktivitas pembelajaran. Nilai-nilai seperti gotong royong, kreatif, bernalar kritis, dan mandiri ditanamkan melalui berbagai kegiatan, baik di dalam maupun di luar kelas.

RPP yang dikembangkan dengan baik akan menjadi panduan bagi guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik, bermakna, dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik kelas 1. Penerapan Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran.