Strategi Pembelajaran IPA Berdasarkan Teori Disiplin Mental dan Behaviorisme
Belajar IPA merupakan belajar tentang fenomena-fenomena alam. Seorang peserta didik yang belajar IPA diharapkan mampu memahami alam dan mampu memecahkan masalah yang mereka jumpai di alam sekitar. Dalam artikel ini, akan dikemukakan beberapa teori belajar yang digunakan dalam menyusun suatu strategi pembelajaran IPA, yaitu teori disiplin mental dan teori behaviorisme. 1. Teori Disiplin Mental Teori ini mengemukakan bahwa seorang individu mempunyai kekuatan, kemampuan, atau potensi-potensi yang dimiliki. Menurut J. Rousseau, seorang peserta didik mempunyai bakat yang terpendam, dan melalui belajar, peserta didik diberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut. Teori disiplin mental (Plato dan Aristoteles) menganggap bahwa dalam belajar, mental peserta didik didisiplinkan atau dilatih. Menurut teori ini, seorang peserta didik harus selalu dilatih terus-menerus untuk dapat memahami suatu konsep. Latihan dilaksanakan secara bertahap, dan guru harus menunggu seorang peserta didik siap untuk menerima materi terlebih dahulu. Guru-guru yang menganut teori ini mementingkan perkembangan kematangan (maturational development). 2. Teori Behaviorisme Teori behaviorisme muncul dengan asumsi bahwa perilaku seseorang timbul atau terjadi akibat stimulus yang diberikan dari luar. Conditioning sangat memengaruhi perilaku seseorang untuk melakukan atau menjauhi sesuatu. Misalnya, jika seorang peserta didik fobia dengan hamster, maka ketika melihat hamster, ia akan berusaha lari menjauhinya. Sebaliknya, jika seorang peserta didik sangat suka dengan hamster, maka ketika melihat hamster, ia akan segera mendekati atau memeliharanya. Penguatan (reinforcement) pada seorang peserta didik merupakan salah satu stimulus yang mengakibatkan respons. Penguatan merupakan hal yang sangat penting dalam menata lingkungan pembelajaran IPA. Penguatan yang diberikan oleh seorang guru IPA diharapkan mampu membuat pembelajaran IPA menjadi menarik. Penguatan menurut teori ini terdiri dari penguatan positif dan penguatan negatif. Dengan memahami teori disiplin mental dan behaviorisme, guru-guru IPA dapat merancang strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Melalui penerapan teori-teori ini, diharapkan peserta didik dapat lebih mudah memahami konsep-konsep IPA dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.