Skala Likert dan Indeks dalam Penelitian Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

essays-star 4 (222 suara)

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Didik Kurniawan mengenai pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP di Kota Mataram, digunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri se Kota Mataram pada semester gasal tahun ajaran 2013/2014, dengan sampel 364 orang siswa dari 12 sekolah yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data meliputi instrumen tes prestasi belajar matematika kelas VIII yang terdiri dari 25 soal, angket perhatian orangtua, angket motivasi belajar, dan angket lingkungan sosial siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial secara bersama-sama memberikan pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP dengan sumbangan sebesar 10,6%. Secara parsial, perhatian orangtua dan motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar, sementara lingkungan sosial tidak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar. Dalam konteks penelitian ini, jenis skala yang digunakan adalah skala Likert pada angket perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial siswa. Skala Likert merupakan metode pengukuran sikap atau pendapat responden dengan memberikan pernyataan yang dinilai berdasarkan tingkat setuju atau tidak setuju. Sedangkan untuk menghitung indeks pengaruh dari variabel-variabel tersebut terhadap prestasi belajar, kemungkinan digunakan indeks regresi linier berganda. Indeks ini memungkinkan untuk menentukan seberapa besar pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen dalam model regresi linier berganda. Dalam diskusi dengan teman, penting untuk menjelaskan bahwa penggunaan skala Likert memungkinkan peneliti untuk mengukur variabel-variabel seperti perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial secara lebih terperinci, sementara indeks regresi linier berganda membantu dalam mengevaluasi pengaruh relatif dari masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen. Dengan demikian, kedua metode ini sangat relevan dalam konteks penelitian yang dilakukan oleh Didik Kurniawan.