Inovasi dalam Pendidikan Anak di SD: Solusi untuk Mengatasi Tantangan"\x0a\x0a2.
Pendidikan anak di SD harus dilaksanakan kapan saja dan di mana saja sebab bagaimana yang dapat menjangkau anak dalam segala kondisi. Untuk itu, memang tidakah dan seakan tidak mungkin. Tetapi dengan memahami hakikat pendidikan dan kondisi lingkungan, ada banyak bentuk SD alternatif yang bisa diambil sebagai solusi.
Bentuk pengembangan pendidikan di SD itu tercakup dalam 4 rumpun pendidikan. Masing-masing rumpun tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
Rumpun Sekolah Dasar Konvensional
Rumpun Sekolah Dasar Konvensional ini meliputi Sekolah Dasar (SD) biasa, Sekolah Dasar (SD) kecil, dan Sekolah Dasar (SD) pamong.
a. Sekolah Dasar Biasa
Sekolah Dasar biasa adalah sekolah yang memiliki ciri-ciri:
- Memiliki ged atau tempat belajar dengan rata-rata sebanyak 6 ruangan (1 ruangan guru, 1 ruangan perpustakaan, kamar mandi atau WC serta fasilitas pendidikan lainnya).
- Menggunakan kurikulum nasional yang ditetap oleh Departemen Pendidikan.
- Proses belajar mengajar berlangsung setiap hari kerja, pagi atau siang.
- Dalam satu minggu terdapat 33 jam pelajaran bagi setiap tingkat kelas.
- Hari efektif sekolah berjumlah 240 sampai 245 hari dalam 1 tahun.
Untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi, gedung sekolah dasar biasa ini dapat dikembangkan menjadi bertingkat dan dapat memiliki lebih dari 6 ruangan.
Dengan inovasi ini, pendidikan anak di SD dapat dilaksanakan secara efektif dan mencapai tujuan pembelajaran yang optimal.