Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah: Pentingnya Pembentukan Kepribadian Peserta Didik
Pendidikan merupakan hal penting dalam suatu negara untuk berkembang menjadi negara maju. Salah satu indikator utama dalam melihat suatu negara termasuk dalam kategori negara tertinggal, negara berkembang, atau negara maju adalah kualitas pendidikan. Oleh karena itu, negara-negara di seluruh dunia bersaing dalam meningkatkan kualitas pendidikan di negara masing-masing agar tidak tertinggal. Lembaga pendidikan memiliki peran penting dalam menyiapkan peserta didik yang memiliki karakter yang baik. Karakter yang diharapkan dari peserta didik meliputi sifat religius, jujur, toleran, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Di Indonesia, pendidikan juga menghadapi beberapa permasalahan kompleks, terutama dalam hal pembelajaran, sumber daya manusia, dan infrastruktur. Namun, salah satu permasalahan utama yang perlu diperhatikan dan menjadi fokus saat ini adalah krisis pendidikan karakter pada peserta didik. Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik, yang meliputi kemauan atau kesadaran, serta tindakan dalam mengimplementasikan nilai-nilai, budi pekerti, karakter, dan akhlak ke dalam diri peserta didik. Tujuan dari pendidikan karakter adalah membentuk kepribadian peserta didik agar mampu mengambil keputusan yang baik, jujur, menghormati orang lain, dan berperilaku baik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter dapat diperoleh melalui berbagai aspek, seperti agama, pengaruh orang lain, dorongan diri, dan lingkungan, terutama lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Pembentukan karakter di lingkungan sekolah sangat penting, karena peserta didik menghabiskan banyak waktu di lingkungan sekolah bersama teman-teman sekelasnya. Lingkungan sekolah merupakan ruang yang secara sistematis melaksanakan program bimbingan, pengajaran, atau pelatihan untuk membantu para siswa mengembangkan potensi mereka secara optimal, baik dari segi moral-spiritual, intelektual, emosional, sosial, maupun fisik motorik. Dengan demikian, pembentukan karakter di lingkungan sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian peserta didik. Melalui pendidikan karakter, diharapkan peserta didik dapat menjadi individu yang memiliki karakter yang baik dan siap menghadapi tantangan kehidupan di masa depan.