Program Intrakurikuler dalam Kurikulum Prototipe

essays-star 3 (242 suara)

Pendahuluan: Program Intrakurikuler dalam Kurikulum Prototipe (Kurikulum Merdeka) adalah program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan berpikir murid. Program ini memiliki tujuh tema yang dapat dipilih oleh sekolah untuk dieksplorasi. Bagian: ① Pengenalan Program Intrakurikuler: Program Intrakurikuler adalah salah satu komponen penting dalam Kurikulum Prototipe. Program ini dirancang untuk memberikan pembelajaran kontekstual kepada murid dan membantu mereka mengembangkan kemampuan berpikir. ② Tujuan Program Intrakurikuler: Tujuan dari Program Intrakurikuler adalah untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan relevan bagi murid. Dengan memilih tema yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka, murid dapat lebih terlibat dalam pembelajaran dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk masa depan. ③ Manfaat Program Intrakurikuler: Program Intrakurikuler memiliki banyak manfaat bagi murid. Dengan mengikuti program ini, murid dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Mereka juga dapat mengasah kemampuan problem solving dan mengaplikasikan pengetahuan yang mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari. ④ Implementasi Program Intrakurikuler: Program Intrakurikuler dapat diimplementasikan melalui berbagai kegiatan, seperti proyek penelitian, presentasi, diskusi kelompok, dan kunjungan lapangan. Guru dapat memilih tema yang sesuai dengan kurikulum dan minat murid, serta mengintegrasikan program ini ke dalam pembelajaran sehari-hari. Kesimpulan: Program Intrakurikuler dalam Kurikulum Prototipe adalah program yang memberikan pembelajaran kontekstual dan mengasah kemampuan berpikir murid. Dengan mengikuti program ini, murid dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang diperlukan untuk masa depan. Program ini dapat diimplementasikan melalui berbagai kegiatan yang relevan dengan tema yang dipilih oleh sekolah.