Gaya Mengajar Guru dan Manajemen Kelas Menurut Skinner

essays-star 4 (297 suara)

Gaya mengajar guru dilakukan dengan beberapa pengantar dari guru secara searah dan dikontrol guru melalui pengulangan dan latihan. Manajemen kelas menurut Skinner adalah berupa usaha untuk memodifikasi perilaku antara lain dengan proses penguatan yaitu memberi penghargaan pada perilaku yang diinginkan dan tidak memberi imbalan apapun pada perilaku yang tidak tepat. Dalam gaya mengajar guru, pengantar yang dilakukan oleh guru secara searah dan dikontrol oleh guru sendiri sangat penting. Guru harus mampu mengarahkan dan mengontrol alur pembelajaran agar siswa dapat memahami materi dengan baik. Pengulangan dan latihan juga merupakan bagian penting dalam gaya mengajar ini. Dengan mengulang dan melatih siswa secara teratur, guru dapat memastikan bahwa siswa benar-benar memahami dan menguasai materi yang diajarkan. Selain itu, manajemen kelas juga merupakan aspek penting dalam gaya mengajar guru. Menurut Skinner, manajemen kelas adalah usaha untuk memodifikasi perilaku siswa. Salah satu metode yang digunakan dalam manajemen kelas adalah proses penguatan. Penguatan dilakukan dengan memberikan penghargaan pada perilaku yang diinginkan. Misalnya, guru memberikan pujian atau hadiah kepada siswa yang rajin dan aktif dalam pembelajaran. Di sisi lain, tidak memberikan imbalan apapun pada perilaku yang tidak tepat, seperti mengganggu kelas atau tidak mengerjakan tugas. Dengan menerapkan gaya mengajar guru yang melibatkan pengantar searah dan pengulangan, serta manajemen kelas yang menggunakan proses penguatan, diharapkan siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran. Gaya mengajar ini juga dapat membantu siswa memahami dan menguasai materi dengan lebih baik. Selain itu, manajemen kelas yang efektif juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan disiplin. Dalam kesimpulan, gaya mengajar guru yang melibatkan pengantar searah dan pengulangan, serta manajemen kelas yang menggunakan proses penguatan, merupakan pendekatan yang efektif dalam pembelajaran. Dengan menerapkan gaya mengajar dan manajemen kelas ini, diharapkan siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran, serta memahami dan menguasai materi dengan lebih baik.