Perbedaan Kecerdasan Emosional Siswa Berdasarkan Model Pembelajaran Kooperatif STAD, NHT, dan Jigsaw
Pada penelitian ini, kami akan membahas perbedaan kecerdasan emosional siswa berdasarkan tiga model pembelajaran kooperatif, yaitu STAD, NHT, dan Jigsaw. Kami menggunakan sampel acak sebanyak 30 siswa, dengan masing-masing model pembelajaran diuji pada 10 siswa. Hasil penelitian kami disajikan dalam tabel berikut: \begin{tabular}{|c|c|c|c|} \hline No. & STAD & NHT & Jigsaw \\ \hline 1 & 58 & 74 & 71 \\ \hline 2 & 74 & 52 & 66 \\ \hline 3 & 74 & 60 & 68 \\ \hline 4 & 69 & 77 & 75 \\ \hline 5 & 78 & 71 & 67 \\ \hline 6 & 66 & 64 & 70 \\ \hline 7 & 75 & 66 & 57 \\ \hline 8 & 63 & 59 & 67 \\ \hline 9 & 68 & 57 & 68 \\ \hline 10 & 70 & 83 & 58 \\ \hline \end{tabular} Untuk menguji hipotesis perbedaan kecerdasan emosional siswa berdasarkan model pembelajaran, kami menggunakan uji hipotesis dengan tingkat signifikansi \( \alpha = 0,05 \) dan derajat kebebasan \( df = 27 \). Berdasarkan tabel distribusi t, nilai t kritis adalah 3,35. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kecerdasan emosional siswa berdasarkan model pembelajaran kooperatif (STAD, NHT, dan Jigsaw).