Meningkatkan Prestasi dan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sejarah melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

essays-star 4 (268 suara)

Pendahuluan: Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan oleh guru untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. PTK dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Bagian: ① Latar Belakang Kegiatan: PTK dilakukan oleh guru sebagai pihak yang paling mengetahui tentang keadaan siswa. Tujuan PTK adalah untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. ② Masalah dan Tujuan: Masalah yang ingin dipecahkan adalah rendahnya prestasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. Tujuan PTK adalah meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. ③ Ruang Lingkup: PTK dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta sebanyak 25 orang. Variabel yang menjadi sasaran dalam PTK adalah cara meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. ④ Kerangka Teori: PTK menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah sebagai pendekatan pembelajaran. Model ini melibatkan siswa dalam memecahkan masalah nyata yang relevan dengan mata pelajaran Sejarah. Kesimpulan: PTK dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah. PTK ini dilakukan oleh guru pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Yogyakarta dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi dan minat belajar siswa.