Konsep Kebudayaan: Perdebatan dan Pembatasan

essays-star 4 (231 suara)

Masalah paling mendasar yang kerap menghadang setiap upaya pemahaman kebudayaan adalah tiadanya kata sepakat di kalangan para pakar mengenai konsep kebudayaan. Hingga kini perdebatan mengenai konsep kebudayaan tiada kunjung berakhir dan batasan pengertian tentang kebudayaan pun menjadi kian bervariasi.

Istilah kebudayaan atau culture dalam bahasa Inggris, berasal dari kata kerja dalam bahasa Latin colere yang berarti bercocok tanam (cultivation). Di kalangan pemeluk agama Kristen istilah cultura juga dapat diartikan sebagai ibadah atau pemujaan (worship). Di Indonesia sendiri hingga saat ini masih terjadi perbedaan pandangan mengenai asal-muasal istilah kebudayaan. Salah satu pendapat menyatakan bahwa dalam bahasa Indonesia kata kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta buddhayah, yaitu bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti akal. Ada kalanya pula ditafsirkan bahwa kata budaya merupakan perkembangan dari kata majemuk "budi - daya" yang terdiri dari cipta, rasa, dan karsa (Poerwanto, 2000 : 51-52). Sementara itu pendapat lain menyatakan bahwa ada kemungkinan kata kebudayaan berasal dari kata abhudaya dari bahasa Sansekerta. Perubahan bentuk kata abhudaya menjadi budaya dapat dipertanggungjawabkan menurut hukum-hukum filologi aphaeresis dan syncope (Bakker, 1984 : 32). Perdebatan paling mutakhir mengenai kata kebudayaan di kalangan pakar ilmu antropologi di Indonesia terjadi tahun 1999. Ketika itu, Amri Marzali, Parsudi Suparlan, Heddy Shri Ahimsa, dan Bachtiar Alam terlibat perdebatan sengit dalam penggunaan kata budaya dan kebudayaan sebagai kata benda atau kata sifat (Wacana Antropologi, 1999, Vol.2, No.4).

Konsep kebudayaan untuk pertama kalinya dikembangkan oleh para pakar antropologi menjelang akhir abad ke sembilan belas. Definisi pertama yang sungguh-sungguh jelas dan komprehensif diajukan oleh ahli antropologi Inggris, Sir Edward Burnett Tylor. Tepatnya tahun 1871, Tylor telah mengajukan definisi kebudayaan sebagai kompleks keseluruhan pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat-istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Sejak itu, sejalan dengan kian berkembangnya pengetahuan mengenai kebudayaan, muncul ratusan pembatasan konsep kebudayaan dari berbagai perspektif bidang keilmuan. Sampai dengan tahun 1952, A.L. Kroeber dan C. Kluckhohn dalam bukunya "Culture: A Critical Review of Concepts and Definitions" telah berhasil mengidentifikasi dan menginventarisasi 179 batasan konsep kebudayaan dalam upayanya merumuskan kembali konsep kebudayaan secara lebih sistematik. Dalam buku tersebut antara lain dinyatakan bahwa yang dimaksud dengan kebudayaan adalah keseluruhan pola-pola tingkah laku dan tingkah laku berpola yang diperoleh dan diturunkan melalui simbol, yang akhirnya mampu membentuk sesuatu yang khas dari kelompok-kelompok manusia, termasuk perwujudannya dalam benda-benda material.