Metode Pembelajaran Qiraat Sab'ah di Indonesia

essays-star 3 (253 suara)

Metode pembelajaran Al-Quran yang berkembang di Indonesia sangatlah beragam, salah satunya adalah metode pembelajaran Qiraat Sab’ah. Qiraat Sab’ah merujuk pada tujuh imam qiraat yang masyhur dengan riwayat bacaan Al-Quran yang mutawatiriah. Tujuh imam tersebut adalah Imam Nafi’, Ibnu Katsir, Imam Abu Amr, Imam Ibnu ‘Amir, Imam ‘Ashim, Imam Hamzah, dan Imam Al-Kisa’i. Keberagaman metode pembelajaran Qiraat Sab’ah di Indonesia ini menjadi kekayaan tersendiri dalam usaha untuk melestarikan dan mendalami bacaan Al-Quran.

Tradisi Pesantren dan Sanad Keilmuan dalam Qiraat Sab’ah

Di Indonesia, Qiraat Sab’ah umumnya diajarkan di lingkungan pesantren. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam tradisional, memiliki peran yang sangat penting dalam pewarisan ilmu-ilmu agama, termasuk ilmu Qiraat. Metode pembelajaran di pesantren umumnya bertumpu pada tradisi sanad keilmuan yang terhubung langsung kepada Rasulullah SAW.

Sanad dalam Qiraat Sab’ah memastikan keotentikan jalur periwayatan bacaan Al-Quran dari generasi ke generasi. Para santri akan mempelajari Qiraat Sab’ah dari guru yang memiliki sanad yang bersambung hingga kepada Rasulullah SAW. Hal ini menunjukkan keseriusan dan kehati-hatian dalam menjaga kemurnian bacaan Al-Quran.

Metode Talaqqi dan Musyafahah: Mengutamakan Interaksi Langsung

Metode utama yang digunakan dalam pembelajaran Qiraat Sab’ah di Indonesia adalah metode talaqqi dan musyafahah. Talaqqi merujuk pada proses santri mendengarkan langsung bacaan dari guru, sementara musyafahah adalah proses santri menirukan bacaan di hadapan guru.

Metode ini menekankan pentingnya interaksi langsung antara guru dan murid. Guru tidak hanya sebagai penyampai ilmu, tetapi juga sebagai pembimbing dan pemberi contoh dalam membaca Al-Quran dengan tajwid dan riwayat yang benar. Kedekatan antara guru dan murid dalam proses pembelajaran ini diyakini dapat meningkatkan efektivitas dan kualitas pemahaman santri terhadap Qiraat Sab’ah.

Pemanfaatan Kitab dan Referensi Klasik dalam Qiraat Sab’ah

Dalam pembelajaran Qiraat Sab’ah, kitab dan referensi klasik menjadi rujukan utama. Kitab-kitab seperti “Al-Jazariyyah”, “Tohfah Al-Atqiya’”, dan “Syarh Al-Muqaddimah” merupakan contoh kitab yang memuat kaidah-kaidah dan penjelasan detail mengenai Qiraat Sab’ah.

Penggunaan kitab-kitab klasik ini bertujuan untuk menjaga kemurnian ilmu Qiraat Sab’ah dan menghindari terjadinya kesalahan dalam pemahaman dan pengamalannya. Para santri diajak untuk mendalami dan memahami setiap kaidah dan penjelasan yang terdapat dalam kitab-kitab tersebut dengan bimbingan dari guru yang berkompeten.

Pentingnya Mendalami Qiraat Sab’ah di Era Modern

Meskipun tergolong sebagai ilmu yang tradisional, Qiraat Sab’ah tetap relevan untuk dipelajari di era modern. Mempelajari Qiraat Sab’ah tidak hanya sekadar mempelajari perbedaan bacaan, tetapi juga memahami sebab perbedaan, kaidah-kaidah, dan keilmuan yang terkandung di dalamnya.

Di era modern yang dipenuhi dengan informasi, pemahaman yang mendalam tentang Qiraat Sab’ah dapat menjadi benteng untuk menangkal kesalahpahaman dan penafsiran Al-Quran yang menyimpang. Selain itu, Qiraat Sab’ah juga dapat memperkaya khazanah keilmuan dan meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran seseorang.

Metode pembelajaran Qiraat Sab’ah di Indonesia yang bertumpu pada tradisi pesantren, sanad keilmuan, metode talaqqi dan musyafahah, serta pemanfaatan kitab klasik, merupakan warisan berharga yang perlu dilestarikan. Diharapkan, metode ini dapat terus dijaga dan dikembangkan agar Qiraat Sab’ah tetap hidup dan memberikan manfaat bagi umat Islam, khususnya di Indonesia.