Tahap Uji Publik dalam Design Thinking: Meningkatkan Kualitas Produk Melalui Pengujian Penggun
Tahap uji publik (testing) merupakan tahap terakhir dalam design thinking. Langkah ini dilakukan setelah kamu selesai membuat prototipe terbaik. Pengujian dilakukan terhadap pengguna (user) dengan melihat apakah produk tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan mereka. Kamu bisa melakukan pengujian di lingkungan yang mudah dikontrol, misalnya di dalam tim di dalam perusahaan atau di kelompok kecil yang sengaja dibuat. Namun, pastikan bahwa lingkungan testing-mu cukup bisa mewakili kondisi yang sebenarnya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagimu mengidentifikasi tambahan, pengurangan, atau langkah perbaikan lain untuk produkmu. Saat produkmu sudah memenuhi harapan, kamu tinggal melakukan peluncuran untuk publik yang lebih luas. Selama proses ini, kamu dapat mencermati bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk prototipe yang sedang diuji. Dengan melakukan pengujian ini, kamu dapat mendeteksi masalah pada produk sejak awal. Selama proses pengujian ini, biasanya masalah-masalah yang tidak terpikirkan sebelumnya akan muncul. Karena itu, kamu perlu mengulang beberapa tahap untuk menciptakan produk baru yang lebih baik. Ada tiga prinsip yang harus dipegang ketika melakukan tahap uji publik atau testing, diantaranya adalah sebagai berikut: 1. Show don't Tell: Cukup tunjukkan tanpa memberikan penjelasan apapun kepada konsumen. Biarkan mereka yang mengeksplorasi sendiri. 2. Create Experience: Proses pengujian harus bisa memberikan konsumen pengalaman dalam menggunakan prototipe tersebut. 3. Ask Users to Compare: Mintalah konsumen untuk membandingkan setiap prototipe yang telah dibuat dan diperlihatkan. Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, kamu dapat meningkatkan kualitas produkmu melalui tahap uji publik dalam design thinking.