Keunggulan Buku Tematik dalam Pembelajaran Tematik Integratif
Pendekatan pembelajaran tematik integratif telah menjadi bagian integral dari Kurikulum 2013 untuk tingkat SD/MI. Buku Tematik merupakan salah satu sumber belajar yang disusun secara sistematis untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran di lingkungan sekolah. Dalam artikel ini, kita akan membahas keunggulan dari Buku Tematik dalam pembelajaran tematik integratif. Pertama, Buku Tematik dilengkapi dengan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills). Soal HOTS dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, seperti berpikir kritis, berpikir kreatif, memecahkan masalah, dan membuat keputusan. Dengan adanya Soal HOTS, siswa akan terbiasa dengan tipe-tipe soal yang memerlukan pemikiran mendalam dan analitis, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir mereka secara keseluruhan. Selain itu, Buku Tematik juga dilengkapi dengan QR Code. QR Code merupakan suatu acuan sumber untuk memperkaya materi melalui media digital. Dengan memindai QR Code yang terdapat pada buku, siswa dapat mengakses sumber daya tambahan seperti video, gambar, atau artikel yang relevan dengan topik yang sedang dipelajari. Hal ini akan membantu siswa untuk memperluas pemahaman mereka tentang materi pembelajaran dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Terakhir, Buku Tematik juga menyediakan Soal AKM (Asesmen Kompetensi Mendasar). Soal AKM berisi penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan semua siswa untuk dapat diaplikasikan dalam masyarakat. Dengan adanya Soal AKM, siswa dapat mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi pembelajaran dan melihat perkembangan kemampuan mereka dari waktu ke waktu. Hal ini akan membantu guru dalam melakukan evaluasi dan memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa. Dalam kesimpulan, Buku Tematik memiliki beberapa keunggulan dalam pembelajaran tematik integratif. Dengan adanya Soal HOTS, QR Code, dan Soal AKM, buku ini dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, memperluas pemahaman mereka melalui sumber daya tambahan, dan mengukur kemampuan mereka dalam menerapkan kompetensi mendasar. Oleh karena itu, Buku Tematik merupakan sumber belajar yang sangat berharga dalam mendukung pembelajaran tematik integratif di sekolah.