Mencari Inspirasi: Refleksi Tindak Lanjut Penerapan Disiplin Positif
Pendahuluan: Dalam upaya tindak lanjut penerapan disiplin positif, saya telah men beberapa inspirasi baru yang telah mempengaruhi praktik saya di kelas. Dalam artikel ini, saya akan berbagi dengan Anda tentang inspirasi baru ini, perubahan praktik yang telah saya lakukan, dan tiga tantangan paling sulit yang saya hadapi dalam melakukan perubahan tersebut.
Bagian 1: Inspirasi Baru
Selama upaya tindak lanjut penerapan disiplin positif, saya telah menemukan beberapa inspirasi baru yang telah mempengaruhi praktik saya di kelas. Salah satu inspirasi baru ini adalah fokus pada membangun hubungan positif dengan siswa. Dengan memahami bahwa siswa lebih cenderung untuk berpartisipasi dan belajar ketika mereka merasa dihargai dan didukung, saya telah berusaha untuk menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan positif.
Bagian 2: Perubahan Praktik
Berdasarkan inspirasi yang saya temukan, saya telah melakukan beberapa perubahan praktik di kelas saya. Salah satu perubahan utama adalah mengadakan waktu untuk "check-in" dengan siswa setiap hari. Ini memberi saya kesempatan untuk mendengarkan kekhawatiran mereka, memahami perspektif mereka, dan membantu mereka merasa didengar dan dihargai. Selain itu, saya telah berusaha untuk menggunakan bahasa yang positif dan memotivasi saat memberikan umpan balik kepada siswa, fokus pada kekuatan dan area untuk perbaikan.
Bagian 3: Tantangan Paling Sulit
Meskipun telah melakukan perubahan praktik, saya telah menghadapi beberapa tantangan paling sulit dalam melakukan perubahan tersebut. Salah satu tantangan terbesar adalah mengatasi harapan dan keyakinan yang sudah ada dari siswa dan orang tua. Beberapa siswa dan orang tua mungkin mengasosiasikan disiplin positif dengan kurang tegas atau tidak adil, sehingga saya harus berusaha untuk mengkomunikasikan dengan jelas manfaat dari pendekatan ini dan bagaimana itu dapat membantu siswa berhasil.
Bagian 4: Rencana untuk Mengatasi Tantangan
Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, saya telah merencanakan beberapa langkah. Pertama, saya telah berusaha untuk mengadakan pertemuan dengan siswa dan orang tua untuk menjelaskan konsep disiplin positif dan bagaimana itu dapat membantu siswa berhasil. Saya juga telah berusaha untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa dan orang tua untuk memahami kekhawatiran dan kebutuhan mereka, sehingga saya dapat menyesuaikan praktik saya untuk lebih memenuhi kebutuhan mereka.
Kesimpulan: Dalam upaya tindak lanjut penerapan disiplin positif, saya telah menemukan beberapa inspirasi baru yang telah mempengaruhi praktik saya di kelas. Dengan fokus pada membangun hubungan positif dengan siswa dan mengatasi tantangan-tantangan, saya telah melakukan beberapa perubahan praktik yang telah membantu siswa berhasil. Dengan terus mencari inspirasi baru dan menghadapi tantangan-tantangan, saya percaya bahwa saya dapat terus meningkatkan praktik saya dan membantu siswa berhasil.