General Purpose sebagai Landasan dalam Pengembangan Kurikulum

essays-star 3 (240 suara)

Pengembangan kurikulum merupakan proses yang kompleks dan membutuhkan pemikiran yang matang. Salah satu aspek penting dalam pengembangan kurikulum adalah penentuan General Purpose atau tujuan umum. Tujuan umum ini menjadi landasan dalam merancang dan mengembangkan kurikulum, karena semua komponen kurikulum harus dirancang untuk mencapai tujuan ini. Artikel ini akan membahas lebih lanjut tentang General Purpose dan peranannya dalam pengembangan kurikulum.

Apa itu General Purpose dalam konteks pengembangan kurikulum?

General Purpose atau tujuan umum dalam konteks pengembangan kurikulum merujuk pada tujuan pendidikan yang ingin dicapai oleh suatu institusi atau sistem pendidikan. Tujuan ini biasanya mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan dimiliki oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan atau program studi. Tujuan umum ini menjadi landasan dalam merancang dan mengembangkan kurikulum, karena semua komponen kurikulum seperti materi pelajaran, metode pengajaran, dan penilaian harus dirancang untuk mencapai tujuan ini.

Mengapa General Purpose penting dalam pengembangan kurikulum?

General Purpose sangat penting dalam pengembangan kurikulum karena berfungsi sebagai panduan dan arah bagi seluruh proses pendidikan. Dengan adanya tujuan umum, pengembang kurikulum dapat merancang materi pelajaran, metode pengajaran, dan penilaian yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, tujuan umum juga membantu dalam mengevaluasi efektivitas kurikulum. Jika hasil belajar peserta didik sesuai dengan tujuan umum, maka dapat dikatakan bahwa kurikulum tersebut efektif.

Bagaimana cara menentukan General Purpose dalam pengembangan kurikulum?

Menentukan General Purpose dalam pengembangan kurikulum biasanya melibatkan beberapa langkah. Pertama, pengembang kurikulum perlu mengidentifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap lulusan suatu jenjang pendidikan atau program studi. Kedua, pengembang kurikulum perlu mempertimbangkan standar kompetensi yang ditetapkan oleh pemerintah atau badan profesional terkait. Ketiga, pengembang kurikulum perlu merumuskan tujuan umum yang mencerminkan kebutuhan dan harapan tersebut serta standar kompetensi.

Apa hubungan antara General Purpose dan Specific Purpose dalam pengembangan kurikulum?

General Purpose dan Specific Purpose dalam pengembangan kurikulum memiliki hubungan yang erat. General Purpose adalah tujuan pendidikan secara keseluruhan yang ingin dicapai oleh suatu institusi atau sistem pendidikan, sedangkan Specific Purpose adalah tujuan pendidikan yang lebih spesifik dan terperinci untuk setiap mata pelajaran atau unit pembelajaran. Specific Purpose dirumuskan berdasarkan General Purpose dan harus selaras dengan tujuan umum tersebut.

Bagaimana contoh penerapan General Purpose dalam pengembangan kurikulum?

Contoh penerapan General Purpose dalam pengembangan kurikulum dapat dilihat dalam kurikulum berbasis kompetensi. Dalam kurikulum ini, General Purpose biasanya dirumuskan dalam bentuk kompetensi lulusan, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan dimiliki oleh lulusan. Kompetensi lulusan ini kemudian dijabarkan menjadi standar kompetensi dan kompetensi dasar untuk setiap mata pelajaran, yang merupakan Specific Purpose.

General Purpose memainkan peran penting dalam pengembangan kurikulum. Sebagai tujuan pendidikan secara keseluruhan, General Purpose menjadi panduan dan arah bagi seluruh proses pendidikan. Dengan adanya tujuan umum, pengembang kurikulum dapat merancang materi pelajaran, metode pengajaran, dan penilaian yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut. Selain itu, tujuan umum juga membantu dalam mengevaluasi efektivitas kurikulum. Oleh karena itu, penentuan General Purpose yang tepat dan relevan dengan kebutuhan dan harapan masyarakat sangat penting dalam pengembangan kurikulum.