Analisis Kuartil dalam Data Tinggi Badan
Kuartil adalah salah satu konsep penting dalam statistik yang digunakan untuk membagi data menjadi empat bagian yang sama besar. Dalam artikel ini, kita akan menganalisis kuartil ke-$1$ dari data tinggi badan yang diberikan. Data ini mencakup tinggi badan siswa dalam rentang tertentu dan kita akan melihat bagaimana kuartil ke-$1$ dapat digunakan untuk memahami distribusi tinggi badan siswa. Dalam data yang diberikan, tinggi badan siswa diukur dalam sentimeter dan dikelompokkan dalam rentang tertentu. Mari kita lihat data tersebut: a. 150-154 cm: 4 siswa b. 155-159 cm: 10 siswa c. 160-164 cm: 6 siswa d. 165-169 cm: 8 siswa e. 170-174 cm: 4 siswa f. 175-179 cm: 8 siswa Untuk menghitung kuartil ke-$1$, kita perlu mengurutkan data tinggi badan siswa dari yang terkecil hingga yang terbesar. Setelah itu, kita dapat menggunakan rumus kuartil ke-$1$ yang diberikan oleh: $Q_1 = L + \left(\frac{n}{4}\right) \times c$ Di mana $L$ adalah batas bawah kelas kuartil ke-$1$, $n$ adalah jumlah data, dan $c$ adalah lebar kelas. Dalam kasus ini, kita memiliki 40 siswa (jumlah total siswa dalam data) dan lebar kelas adalah 5 cm. Oleh karena itu, kita dapat menghitung kuartil ke-$1$ sebagai berikut: $Q_1 = 154 + \left(\frac{40}{4}\right) \times 5 = 154 + 10 \times 5 = 154 + 50 = 204$ Jadi, kuartil ke-$1$ dari data tinggi badan siswa adalah 204 cm. Ini berarti 25% siswa memiliki tinggi badan di bawah 204 cm. Dengan mengetahui kuartil ke-$1$, kita dapat memahami distribusi tinggi badan siswa dalam data ini. Kuartil ke-$1$ memberikan kita informasi tentang tinggi badan siswa yang lebih rendah dari rata-rata. Dalam hal ini, tinggi badan siswa di bawah 204 cm dapat dianggap sebagai tinggi badan yang lebih rendah dari rata-rata. Dalam kesimpulan, analisis kuartil ke-$1$ dari data tinggi badan siswa memberikan kita pemahaman tentang distribusi tinggi badan siswa dalam data ini. Dalam kasus ini, kuartil ke-$1$ adalah 204 cm, yang berarti 25% siswa memiliki tinggi badan di bawah 204 cm.