Meningkatkan Kesadaran Multikultural melalui Proyek Bhineka Tunggal Ika di Sekolah

essays-star 4 (243 suara)

Proyek untuk Meningkatkan Profil Siswa Pancasila (PS) - Bhineka Tunggal Ika Pada bulan lalu, di sekolah kami, kami mengadakan acara khusus yang disebut "Proyek untuk Meningkatkan Profil Siswa Pancasila" dengan tema Bhineka Tunggal Ika. Acara ini melibatkan siswa, guru, dan bahkan orang tua. Tujuan utama kami adalah untuk mempelajari lebih lanjut tentang Bhineka Tunggal Ika, yang berarti persatuan dalam keragaman. Selama acara tersebut, kami memiliki banyak kegiatan yang menarik. Saya dan teman-teman saya menyanyikan lagu tradisional, dan ada juga pertunjukan tari tradisional. Salah satu momen puncak adalah fashion show di mana kami mengenakan pakaian tradisional dari Jawa Tengah. Suasana penuh kegembiraan, dan semua orang saling memberikan dukungan. Meskipun saya merasa sedikit gugup sebelum naik panggung, setelah kami mulai, semuanya menjadi sangat menyenangkan! Kejutan lainnya adalah betapa berbeda dan indahnya semua pakaian tradisional tersebut. Acara tersebut diakhiri dengan tepuk tangan dan sorak-sorai dari penonton. Hal ini membuat saya merasa bahagia dan bangga bisa berbagi budaya dengan semua orang. Saya dan teman-teman saya berbicara tentang betapa kami menikmati proses belajar tentang Bhineka Tunggal Ika. Saya merasa bahwa acara ini membuat kami semua merasa lebih dekat sebagai komunitas sekolah. Orang tua yang hadir juga merasa senang dan menghargai upaya kami. Dari pengalaman ini, saya belajar bahwa meskipun kita berbeda, kita tetap bisa merayakan dan menghormati budaya satu sama lain. Pada akhirnya, acara ini meninggalkan dampak positif bagi saya dan orang lain. Kami belajar bahwa perbedaan kita membuat kita unik, dan kita seharusnya merayakannya. Pengalaman ini membantu saya memahami bahwa dengan berbagi tradisi kita, kita dapat mempromosikan persatuan dan pemahaman. Saya akan selalu mengingat acara ini sebagai waktu yang istimewa ketika sekolah kami bersatu untuk merayakan Bhineka Tunggal Ika.