Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran PJOK Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nus

essays-star 4 (210 suara)

Pendahuluan: Motivasi belajar merupakan faktor penting dalam meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran PJOK. Namun, seringkali siswa mengalami kebosanan dan kurangnya minat dalam belajar PJOK. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Sampel penelitian terdiri dari 50 siswa kelas 7 di sebuah SMP di Jakarta. Kelompok eksperimen terdiri dari 25 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa selama 3 bulan, sedangkan kelompok kontrol tidak mengikuti ekstrakurikuler tersebut. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa mengalami peningkatan motivasi belajar yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan motivasi belajar ini terlihat dari hasil post-test yang menunjukkan peningkatan skor rata-rata siswa dalam mata pelajaran PJOK. Diskusi: Peningkatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK melalui ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa dapat dijelaskan oleh beberapa faktor. Pertama, latihan fisik yang intens dalam pencak silat dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran siswa, sehingga mereka lebih siap dan energik dalam mengikuti pelajaran PJOK. Selain itu, pencak silat juga melibatkan aspek mental dan spiritual, yang dapat membantu siswa mengembangkan rasa percaya diri dan disiplin diri, yang pada gilirannya dapat meningkatkan motivasi belajar mereka. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ekstrakurikuler pencak silat Pagar Nusa dapat efektif meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK. Oleh karena itu, disarankan bagi sekolah untuk mempertimbangkan penambahan ekstrakurikuler ini dalam kurikulum PJOK mereka. Selain itu, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK.