Perbedaan Pendekatan Pembelajaran pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

essays-star 4 (181 suara)

Perbedaan Pendekatan Pembelajaran pada Kurikulum 2013

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum ini adalah pendekatan saintifik, yang melibatkan lima tahap, yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Pendekatan ini dirancang untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, serta mempromosikan pemahaman yang lebih dalam tentang materi pelajaran.

Dalam pendekatan saintifik, siswa diharapkan untuk aktif dalam proses belajar. Mereka diberi kesempatan untuk mengamati fenomena atau peristiwa, menanyakan pertanyaan, melakukan percobaan atau penelitian, mengasosiasikan hasil dengan teori atau konsep yang ada, dan mengkomunikasikan pemahaman mereka. Pendekatan ini bertujuan untuk membuat siswa lebih mandiri dalam belajar dan lebih mampu memahami dan menerapkan konsep atau teori.

Perbedaan Pendekatan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka

Sementara itu, Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia. Pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum ini adalah pendekatan berbasis kompetensi, yang menekankan pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

Dalam pendekatan berbasis kompetensi, siswa diharapkan untuk mampu menunjukkan penguasaan kompetensi tertentu, baik itu pengetahuan, keterampilan, atau sikap. Proses belajar lebih fokus pada penerapan pengetahuan dan keterampilan dalam situasi nyata, bukan hanya pada penguasaan teori. Pendekatan ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa untuk dunia kerja dan masyarakat, dengan memberikan mereka keterampilan dan pengetahuan yang relevan dan aplikatif.

Perbandingan Pendekatan Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Kedua kurikulum ini memiliki pendekatan pembelajaran yang berbeda, yang mencerminkan tujuan dan fokus masing-masing. Kurikulum 2013 lebih menekankan pada pengembangan keterampilan berpikir kritis dan kreatif, serta pemahaman konsep atau teori. Sementara itu, Kurikulum Merdeka lebih menekankan pada pengembangan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja dan masyarakat.

Meskipun demikian, kedua pendekatan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mempersiapkan siswa untuk masa depan. Keduanya juga menekankan pentingnya partisipasi aktif siswa dalam proses belajar, dan penggunaan metode belajar yang berpusat pada siswa.

Dalam konteks pendidikan di Indonesia, perbedaan pendekatan pembelajaran ini mencerminkan upaya pemerintah untuk terus memperbarui dan meningkatkan sistem pendidikan, sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Baik Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan dapat saling melengkapi dalam upaya untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.