Identifying Gaps in the Literature on Adapting Graphic Novels for English Language Learning in Junior High School
Pendahuluan Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah telah menjadi topik yang semakin populer. Novel grafis menawarkan kombinasi gambar dan teks yang menarik bagi siswa, sehingga dapat meningkatkan minat mereka dalam membaca dan mempelajari bahasa Inggris. Namun, meskipun ada peningkatan minat dalam penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris, masih ada kekurangan dalam literatur tentang adaptasi novel grafis untuk pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Identifikasi Kekurangan dalam Literatur Salah satu kekurangan dalam literatur saat ini adalah kurangnya penelitian yang fokus pada penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah. Banyak penelitian yang ada lebih berfokus pada penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar atau perguruan tinggi. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih mendalam tentang bagaimana novel grafis dapat diadaptasi dengan baik untuk pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah. Selain itu, ada juga kekurangan dalam literatur tentang strategi pengajaran yang efektif menggunakan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Meskipun ada beberapa penelitian yang mengidentifikasi manfaat penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris, masih perlu penelitian yang lebih lanjut untuk mengidentifikasi strategi pengajaran yang paling efektif dalam menggunakan novel grafis dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Selanjutnya, ada kekurangan dalam literatur tentang dampak penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah terhadap kemampuan siswa dalam berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Meskipun ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan novel grafis dapat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa, masih perlu penelitian yang lebih luas untuk mengidentifikasi dampak yang lebih spesifik dari penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah. Kesimpulan Secara keseluruhan, ada kekurangan dalam literatur tentang adaptasi novel grafis untuk pembelajaran bahasa Inggris di sekolah menengah. Diperlukan penelitian yang lebih mendalam tentang penggunaan novel grafis dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah menengah, strategi pengajaran yang efektif, dan dampak penggunaan novel grafis terhadap keterampilan bahasa Inggris siswa. Penelitian ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi pendidik dan praktisi dalam mengembangkan metode pembelajaran bahasa Inggris yang inovatif dan efektif di tingkat sekolah menengah.