Mengamati Dunia di Sekolah
Di sekolah, saya sering mengamati lingkungan sekitar saya dengan rasa kagum. Setiap hari, saya melihat siswa dari berbagai latar belakang dan budaya, semua berkumpul di ruang kelas yang sama. Saya melihat teman-teman berbagi cerita mereka, berbagi tawa dan kesedihan, dan saling mendukung satu sama lain. Saya melihat guru-guru yang bersemangat mengajar, mendorong siswa untuk bertanya dan mencari tahu lebih banyak. Saya melihat murid-murid yang bekerja keras, belajar untuk ujian, dan berusaha untuk mencapai tujuan mereka. Saat saya mengamati semua ini, saya tidak bisa tidak merasa bersyukur. Saya merasa bersyukur memiliki tempat di mana saya dapat belajar, berkembang, dan tumbuh. Saya merasa bersyukur memiliki teman-teman dan guru-guru yang mendukung saya. Saya merasa bersyukur memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari komunitas yang lebih besar. Tetapi saya juga melihat tantangan. Saya melihat siswa yang kesulitan dengan pekerjaan mereka, yang kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, atau yang kesulitan dengan masalah pribadi. Saya melihat guru-guru yang bekerja keras untuk membuat perbedaan, tetapi yang masih kesulitan untuk menjangkau semua siswa. Saya melihat murid-murid yang kesulitan untuk menemukan tempat mereka di dunia, yang kesulitan untuk menemukan tujuan dan makna dalam kehidupan mereka. Saat saya mengamati semua ini, saya tidak bisa tidak merasa penuh harapan. Saya merasa penuh harapan bahwa kita semua dapat bekerja sama untuk membuat perbedaan. Saya merasa penuh harapan bahwa kita semua dapat mendukung satu sama lain, dan membantu satu sama lain tumbuh dan berkembang. Saya merasa penuh harapan bahwa kita semua dapat menjadi bagian dari komunitas yang lebih besar, dan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk semua orang.