Peran Sekolah dalam Membentuk Kepribadian Sisw

essays-star 4 (177 suara)

Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk kepribadian siswa. Guru sebagai teladan dan panutan bagi siswa dapat mempengaruhi perilaku dan nilai-nilai yang dimiliki oleh siswa. Jika guru mampu menjadi teladan yang baik, maka siswa akan meniru sikap-sikap positif tersebut.

Pendidikan di sekolah tidak hanya berfokus pada transfer pengetahuan, tetapi juga melibatkan pembentukan karakter dan moralitas anak-anak. Elizabeth Hurlock menjelaskan bahwa perkembangan kepribadian anak dipengaruhi oleh pendidikan yang diterima dari orang tua di rumah serta lembaga pendidikan seperti sekolah.

Sebagai lembaga kedua setelah keluarga, sekolah memiliki peranan besar dalam membantu mengasah kepribadian anak-anak. Seperti yang dikutip oleh Hurlock dari pendapat Salomo, sekolah harus dilihat sebagai kekuatan kedua dalam perkembangan kepribadian manusia.

Hubungan antara guru dengan murid sangatlah penting pada usia awal ketika anak-anak mulai masuk sekolah. Guru bukan hanya bertugas untuk mentransfer pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai dan sikap-sikap hidup kepada siswa. Oleh karena itu, guru di sekolah memiliki peran strategis dalam membentuk kepribadian anak.

Dalam proses pembelajaran di kelas, guru dapat memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana bersikap sopan santun, bekerja sama dengan teman sekelas, atau menghargai perbedaan pendapat. Dengan adanya pengarahan ini dari para guru secara konsisten selama masa-masa belajar mereka di sekolah, maka akan terbentuklah pola pikir dan perilaku positif pada diri siswa.

Selain itu, lingkungan sosial di sekolah juga turut berperan penting dalam membentuk kepribadian siswa. Interaksi dengan teman-temannya membuat mereka belajar untuk bersosialisasi dengan baik dan menghormati orang lain. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti organisasi pelajar atau klub olahraga misalnya, mereka diajarkan tentang kerjasama tim serta tanggung jawab terhadap tugas-tugas tertentu.

Namun demikian kita tidak boleh melupakan bahwa keluarga masih merupakan faktor utama dalam pembangunan karakter seseorang sehingga kerja sama antara keluarga dan pihak-pihak terkait seperti guru maupun pemerintah adalah hal mutlak agar tujuan akhir yaitu mencetak generasi berkarakter kuat bisa dicapai