Pengaruh Penggunaan Media Augmented Reality Pengenalan Hewan Buas terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif pada Anak Usia 5-6 Tahun
Pendahuluan: Penggunaan media augmented reality dalam pendidikan anak usia 5-6 tahun telah menjadi topik yang menarik perhatian. Salah satu aplikasi yang menarik adalah pengenalan hewan buas. Artikel ini akan membahas pengaruh penggunaan media augmented reality pengenalan hewan buas terhadap hasil belajar ranah kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Bagian: ① Pengertian media augmented reality: Media augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual melalui perangkat elektronik seperti smartphone atau tablet. Dalam konteks pendidikan, media augmented reality dapat digunakan untuk memperkaya pengalaman belajar anak-anak. ② Manfaat penggunaan media augmented reality dalam pengenalan hewan buas: Penggunaan media augmented reality dalam pengenalan hewan buas dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar anak-anak. Mereka dapat melihat hewan-hewan buas secara nyata dan berinteraksi dengan mereka melalui perangkat elektronik. ③ Pengaruh penggunaan media augmented reality terhadap hasil belajar ranah kognitif: Penggunaan media augmented reality dalam pengenalan hewan buas dapat meningkatkan pemahaman anak-anak tentang karakteristik hewan buas, seperti habitat, makanan, dan perilaku. Hal ini dapat memperkaya pengetahuan mereka tentang dunia hewan dan meningkatkan kemampuan kognitif mereka. Kesimpulan: Penggunaan media augmented reality pengenalan hewan buas dapat memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar ranah kognitif pada anak usia 5-6 tahun. Hal ini dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka serta memperkaya pengetahuan mereka tentang dunia hewan.