Keefektifan Pendekatan UbD dalam Merancang Pembelajaran dan Asesmen
Pendahuluan: Pendekatan UbD (Understanding by Design) adalah pendekatan yang efektif dalam merancang pembelajaran dan asesmen. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan mengapa merancang pembelajaran dan asesmen dengan pendekatan UbD dapat memberikan hasil yang lebih efektif. Bagian: ① Bagian pertama: Pengenalan tentang pendekatan UbD dan tujuannya dalam merancang pembelajaran dan asesmen. ② Bagian kedua: Penjelasan tentang bagaimana pendekatan UbD membantu guru dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada pemahaman siswa. ③ Bagian ketiga: Penjelasan tentang bagaimana pendekatan UbD membantu siswa dalam mengembangkan pemahaman yang mendalam dan aplikatif. Kesimpulan: Merancang pembelajaran dan asesmen dengan pendekatan UbD dapat memberikan hasil yang lebih efektif karena pendekatan ini memfokuskan pada pemahaman siswa dan pengembangan pemahaman yang mendalam dan aplikatif. Dengan menggunakan pendekatan UbD, guru dapat merancang pembelajaran yang relevan dan bermakna bagi siswa, sehingga meningkatkan efektivitas pembelajaran dan asesmen.