Tiga Motivasi Belajar yang Paling Umum dalam Pendidikan
Pendidikan adalah proses yang kompleks dan dinamis yang melibatkan banyak faktor, termasuk motivasi. Motivasi adalah kekuatan yang mendorong individu untuk berpartisipasi dalam aktivitas tertentu, dan dalam konteks pendidikan, sangat penting untuk mencapai kesuksesan akademik. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tiga motivasi belajar yang paling umum dalam pendidikan dan mengeksplorasi peran konteks belajar.
1. Motivasi Intrinsic: Motivasi intrinsic adalah kekuatan yang mendorong individu untuk berpartisipasi dalam aktivitas karena mereka menemukan aktivitas itu menarik secara alami. Dalam pendidikan, motivasi intrinsic sering kali terkait dengan rasa kepuasan dan pemenuhan yang diperoleh dari belajar. Misalnya, siswa yang menemukan subjek tertentu menarik dan menarik bagi mereka lebih cenderung untuk menjadi termotivasi untuk belajar dan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan akademik mereka.
2. Motivasi Ekstrinsic: Motivasi ekstrinsic adalah kekuatan yang mendorong individu untuk berpartisipasi dalam aktivitas karena mereka diharapkan mendapatkan hadiah atau menghindari hukuman. Dalam pendidikan, motivasi ekstrinsic sering kali terkait dengan penghargaan eksternal, seperti pujian, pengakuan, atau penghargaan. Misalnya, siswa yang menerima pujian dari guru merekaenderung untuk menjadi termotivasi untuk belajar dan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan akademik mereka.
3. Motivasi Autodeterminasi: Motivasi autodeterminasi adalah kekuatan yang mendorong individu untuk berpartisipasi dalam aktivitas karena mereka memiliki rasa kendali dan otonomi atas aktivitas tersebut. Dalam pendidikan, motivasi autodeterminasi sering kali terkait dengan rasa tujuan dan pemenuhan yang diperoleh dari belajar. Misalnya, siswa yang memiliki rasa tujuan dan otonomi atas pendidikan mereka lebih cenderung untuk menjadi termotivasi untuk belajar dan mengambil tindakan untuk mencapai tujuan akademik mereka.
Peran Fungsi Motivasi dalam Konteks Belajar:
Motivasi memainkan peran penting dalam konteks belajar karena mereka memengaruhi partisipasi siswa, keterlibatan, dan hasil akademik. Dengan memahami motivasi belajar yang paling umum dalam pendidikan, guru dan pendidik dapat mengembangkan strategi untuk mendukung dan mempromosikan motivasi siswa. Misalnya, guru dapat menggunakan hadiah ekstrinsik, seperti pujian dan pengakuan, untuk mendukung motivasi ekstrinsik siswa. Guru juga dapat menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan menarik bagi siswa, yang dapat mendukung motivasi intrinsic dan autodeterminasi. Dengan memahami peran fungsi motivasi dalam konteks belajar, guru dan pendidik dapat membantu siswa mencapai tujuan akademik mereka dan mencapai potensi penuh mereka.