Pengembangan Kemampuan Pra-Membaca-Menulis Berbasis Karakter: Metode, Hasil, dan Kesimpulan

essays-star 4 (247 suara)

Artikel berjudul "MODEL PENGEMBANGAN KEMAMPUAN PRA-MEMBACA-MENULIS BERBASIS KARAKTER" yang ditulis oleh Barokah Widuroyekti dan Sulistiono (2014) membahas metode, hasil, dan kesimpulan dari pendekatan pengembangan kemampuan pra-membaca-menulis berbasis karakter. Artikel ini menekankan pentingnya karakter dalam pengembangan kemampuan membaca dan menulis, serta bagaimana karakter dapat mempengaruhi motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Metode: Penulis artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian mereka. Mereka melakukan wawancara dan kelompok fokus dengan siswa dan guru untuk mengumpulkan data tentang pengalaman mereka dalam pengembangan kemampuan membaca dan menulis berbasis karakter. Selain itu, penulis juga melakukan analisis teoretis untuk memahami konsep karakter dan bagaimana hal itu berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis. Hasil: Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakter memainkan peran penting dalam pengembangan kemampuan membaca dan menulis. Siswa yang memiliki karakter yang kuat cenderung lebih termotivasi dan terlibat dalam proses belajar. Mereka juga menunjukkan kemampuan membaca dan menulis yang lebih baik dibandingkan siswa yang karakternya kurang kuat. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa karakter dapat mempengaruhi keterlibatan siswa dalam kegiatan membaca dan menulis di kelas. Kesimpulan: Artikel ini menyoroti pentingnya karakter dalam pengembangan kemampuan membaca dan menulis. Penulis artikel ini menyarankan bahwa pendidik sebaiknya memperhatikan pengembangan karakter siswa dalam proses pembelajaran membaca dan menulis. Dengan mengembangkan karakter siswa, diharapkan siswa akan lebih termotivasi dan terlibat dalam proses belajar, serta memiliki kemampuan membaca dan menulis yang lebih baik. Dalam kesimpulan, artikel ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana karakter dapat mempengaruhi kemampuan membaca dan menulis siswa. Penulis artikel ini menekankan pentingnya pengembangan karakter siswa dalam proses pembelajaran membaca dan menulis, serta bagaimana hal itu dapat berkontribusi pada kesuksesan siswa dalam bidang akademik.