**Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar** ##
Latar Belakang: Pendidikan di Indonesia saat ini tengah mengalami transformasi menuju pembelajaran yang berpusat pada siswa. Salah satu pendekatan yang diyakini dapat mendukung hal tersebut adalah pembelajaran berbasis proyek. Model pembelajaran ini mendorong siswa untuk aktif terlibat dalam proses belajar, mengembangkan keterampilan berpikir kritis, dan memecahkan masalah secara nyata. Namun, implementasi pembelajaran berbasis proyek di sekolah dasar masih menghadapi beberapa tantangan. Salah satunya adalah kurangnya pemahaman guru tentang konsep dan strategi pembelajaran berbasis proyek yang efektif. Selain itu, keterbatasan sumber daya dan fasilitas juga menjadi kendala dalam penerapan model pembelajaran ini. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Model pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat mengatasi kendala yang dihadapi dan memberikan solusi praktis bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek di kelas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.