Pendidikan Inklusi di Korea Selatan
Pendahuluan: Pendidikan inklusi adalah metode pendidikan yang direkomendasikan oleh WHO untuk anak berkebutuhan khusus. Di Korea Selatan, pendidikan inklusi dimulai pada tahun 1998. Sekolah inklusi memiliki keistimewaan seperti pembelajaran kolaboratif dan pandangan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus juga memiliki kebutuhan yang sama dengan peserta didik lainnya. Bagian: ① Keistimewaan Sekolah Inklusi: Pembelajaran kolaboratif dan pandangan bahwa peserta didik berkebutuhan khusus juga memiliki kebutuhan yang sama dengan peserta didik lainnya. ② Syarat Sekolah Inklusi: Keterbukaan pemikiran seluruh penyelenggara sekolah, fasilitas yang mendukung peserta didik berkebutuhan khusus, dan ketersediaan guru pendamping yang memiliki keterampilan khusus. ③ Kurikulum Pembelajaran: Melibatkan orang tua, psikolog anak, dan guru dalam menyusun kurikulum pembelajaran. ④ Peraturan Pendidikan Inklusi: Peraturan Menteri Pendidikan Nasional yang mewajibkan seluruh sekolah di provinsi atau kabupaten/kota untuk menyediakan pendidikan inklusi mulai dari tingkat SD hingga SMA. Kesimpulan: Pendidikan inklusi di Korea Selatan memiliki keistimewaan dan syarat tertentu. Dengan adanya peraturan yang mengatur pendidikan inklusi, diharapkan peserta didik berkebutuhan khusus dapat diperlakukan sama seperti peserta didik lainnya.