Pemangku Kepentingan Perusahaan dan Etika Bisnis
Pendahuluan Latar Belakang Pengenalan terhadap konsep lingkungan organisasi perusahaan yang berkembang sejalan dengan berkembangnya pendekatan sistem dalam manajemen, terhadap organisasi, terutama mengenai bagaimana suatu organisasi perusahaan dapat mencapai tujuannya secara efektif. Melalui pengakuan terhadap efektivitas pencapaian tujuan, para peneliti di Stanford Research Institute (SRI) memperkenalkan konsep stakeholder (pemangku kepentingan) pada tahun 1963 (Freeman and Reid, 1983:89) yang mula-mula merujuk pada pengertian 'those groups without whose support the organization would cease to exist' (berbagai kelompok tertentu yang tanpa dukungan mereka maka perusahaan akan berhenti). Rumusan Masalah 1. Apa itu pemangku kepentingan (stakeholder) perusahaan? 2. Bagaimana cara memahami pembagian dan pemangku kepentingan berdasarkan kedudukan mereka dalam pengelolaan perusahaan? 3. Bagaimana cara memahami pembagian pemangku kepentingan berdasarkan aktivitas perusahaan? 4. Bagaimana cara mendapatkan pemahaman mengenai etika bisnis? Tujuan 1. Memahami pengertian dari para pemangku kepentingan (stakeholder) perusahaan. 2. Memahami pembagian pemangku kepentingan berdasarkan kedudukan mereka dalam mengelola perusahaan. 3. Memahami pembagian pemangku kepentingan berdasarkan aktivitas perusahaan. 4. Mendapatkan pemahaman mengenai etika bisnis.