Pengalaman Kepemimpinan dan Ekstrakurikuler dalam Mengembangkan Keterampilan dan Karakter Say

essays-star 4 (208 suara)

Kepemimpinan dan ekstrakurikuler adalah dua aspek penting dalam pengembangan keterampilan dan karakter siswa. Dalam artikel ini, saya akan berbagi pengalaman saya dalam menjadi pemimpin dalam kelompok di kelas dan terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler rohis. Saya akan menjelaskan mengapa saya memilih kegiatan-kegiatan ini dan bagaimana pengalaman ini telah membantu saya dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan karakter saya. Pertama-tama, saya memilih untuk terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler rohis karena saya memiliki minat yang kuat dalam mempelajari agama dan ingin berkontribusi dalam memperkuat nilai-nilai keagamaan di sekolah kami. Melalui rohis, saya memiliki kesempatan untuk belajar lebih dalam tentang agama saya dan berbagi pengetahuan ini dengan teman-teman sekelas saya. Selain itu, saya juga dapat terlibat dalam kegiatan sosial dan budaya yang diadakan oleh rohis, seperti kunjungan ke panti asuhan dan kegiatan amal lainnya. Melalui kegiatan ini, saya belajar tentang empati, kepedulian, dan rasa tanggung jawab terhadap sesama. Selain itu, saya juga memilih untuk menjadi pemimpin dalam kelompok di kelas. Saya percaya bahwa kepemimpinan adalah keterampilan yang penting untuk dikembangkan sejak dini. Sebagai pemimpin, saya bertanggung jawab untuk memimpin kelompok dalam mencapai tujuan bersama. Saya belajar untuk mendengarkan pendapat anggota kelompok, mengambil keputusan yang bijaksana, dan memotivasi anggota kelompok untuk bekerja sama. Pengalaman ini telah membantu saya dalam mengembangkan keterampilan komunikasi, kerjasama, dan kepemimpinan yang efektif. Melalui kegiatan ekstrakurikuler rohis dan kepemimpinan dalam kelompok di kelas, saya telah mengembangkan keterampilan dan karakter yang berharga. Saya belajar untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab, memiliki integritas, dan mampu bekerja dalam tim. Saya juga belajar untuk menghargai perbedaan dan memiliki sikap inklusif terhadap semua anggota kelompok. Pengalaman ini telah membantu saya dalam mengembangkan rasa percaya diri, ketekunan, dan kemampuan untuk mengatasi tantangan. Dalam kesimpulan, kegiatan ekstrakurikuler rohis dan kepemimpinan dalam kelompok di kelas telah memberikan pengalaman berharga bagi saya dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan dan karakter. Saya percaya bahwa melalui kegiatan-kegiatan ini, saya telah menjadi pribadi yang lebih baik dan siap menghadapi tantangan di masa depan. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan berharap dapat terus berkontribusi dalam pengembangan diri dan masyarakat.