Mengajarkan Perkalian dengan Pendekatan Kontekstual Realistik (CRT) di Pasar **

essays-star 4 (232 suara)

Pak Surya, seorang guru matematika, memiliki kesempatan unik untuk mengajarkan perkalian dengan pendekatan Kontekstual Realistik (CRT) di sekolah yang berlokasi dekat pasar. Kebanyakan orang tua murid adalah pedagang, sehingga lingkungan pasar menjadi sumber belajar yang kaya dan relevan bagi siswa. Berikut adalah beberapa kegiatan yang dapat dirancang Pak Surya: 1. Pengenalan Konsep Perkalian melalui Simulasi Pasar: * Pak Surya dapat membawa siswa ke pasar dan mengamati aktivitas jual beli. * Mereka dapat mencatat harga berbagai barang dan jumlah yang dibeli. * Siswa dapat berlatih menghitung total harga dengan menggunakan perkalian. * Misalnya, jika seorang pedagang membeli 3 kg jeruk dengan harga Rp 10.000 per kg, maka total harga yang harus dibayar adalah 3 x Rp 10.000 = Rp 30.000. 2. Permainan Simulasi Jual Beli: * Pak Surya dapat membuat simulasi pasar di kelas dengan menggunakan barang-barang mainan atau benda-benda yang mudah didapat. * Siswa dapat berperan sebagai pembeli dan penjual. * Mereka dapat berlatih menghitung total harga pembelian dan uang kembalian dengan menggunakan perkalian. * Permainan ini dapat membantu siswa memahami konsep perkalian dalam konteks yang nyata dan menyenangkan. 3. Menyelesaikan Masalah Perkalian Berbasis Pasar: * Pak Surya dapat memberikan siswa soal-soal cerita yang berkaitan dengan aktivitas di pasar. * Misalnya, "Seorang pedagang membeli 5 lusin telur dengan harga Rp 1.500 per telur. Berapa total harga yang harus dibayar?" * Soal-soal ini dapat membantu siswa mengaplikasikan konsep perkalian dalam situasi yang realistis. 4. Mencari Pola dan Hubungan dalam Perkalian: * Pak Surya dapat mengajak siswa untuk mengamati pola dan hubungan dalam perkalian. * Misalnya, mereka dapat melihat bahwa 2 x 3 = 6, 3 x 2 = 6, dan 2 x 6 = 12. * Siswa dapat menemukan bahwa perkalian bersifat komutatif dan asosiatif. * Pengamatan ini dapat membantu siswa memahami konsep perkalian secara lebih mendalam. 5. Mengaitkan Perkalian dengan Kehidupan Sehari-hari: * Pak Surya dapat mengajak siswa untuk mencari contoh-contoh perkalian dalam kehidupan sehari-hari. * Misalnya, menghitung jumlah buah dalam satu keranjang, menghitung jumlah uang yang harus dibayar di toko, atau menghitung jumlah kursi di kelas. * Dengan mengaitkan perkalian dengan kehidupan sehari-hari, siswa akan lebih mudah memahami dan mengingat konsep ini. Kesimpulan:** Dengan menerapkan pendekatan CRT, Pak Surya dapat membuat pembelajaran perkalian lebih menarik, relevan, dan bermakna bagi siswa. Lingkungan pasar yang dekat dengan sekolah menjadi sumber belajar yang kaya dan inspiratif. Melalui kegiatan yang dirancang dengan baik, siswa dapat memahami konsep perkalian dengan lebih mudah dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.