Efektivitas Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah Menurut Teori Sergiovanni
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) merupakan pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui partisipasi seluruh komponen sekolah. Teori Sergiovanni, seperti yang dijelaskan oleh Mulyasa (2012), mengidentifikasi 5 komponen efektivitas MBS dari sisi kepala sekolah:
1. Visi dan Tujuan Bersama: Kepala sekolah berperan penting dalam merumuskan visi bersama dengan seluruh staf dan memastikan tujuan tersebut tercapai melalui perencanaan strategis yang jelas.
2. Kepemimpinan Instruksional: Seorang kepala sekolah efektif harus mampu memberikan arahan pedagogis kepada guru-guru agar proses pembelajaran dapat optimal.
3. Pengembangan Profesional Guru: Mendukung pengembangan profesional guru adalah salah satu tugas utama kepala sekolah guna meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.
4. Budaya Organisasi yang Positif: Kepala sekolah memiliki peran dalam menciptakan budaya organisasi yang inklusif, kolaboratif, dan mendukung pertumbuhan individu maupun kolektif.
5. Pemberdayaan Stakeholder: Melibatkan semua pihak terkait, termasuk siswa, orang tua, dan masyarakat lokal dalam pengambilan keputusan akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik.
Dengan memahami dan mengimplementasikan kelima komponen ini secara efektif sesuai teori Sergiovanni, seorang kepala sekolah dapat menjadi agen perubahan positif dalam menjalankan tugasnya demi peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan mereka.