Penggunaan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Bilangan Bulat Positif dan Bilangan Bulat Negatif di Kelas 6

essays-star 4 (320 suara)

Pendahuluan: Pada artikel ini, kami akan membahas hasil wawancara terkait penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif di kelas 6. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep bilangan bulat. Metode Penelitian: Dalam penelitian ini, kami melakukan wawancara dengan sejumlah siswa kelas 6 yang telah menggunakan media pembelajaran tentang bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Wawancara ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengalaman siswa dalam menggunakan media pembelajaran ini dan sejauh mana media tersebut membantu mereka memahami konsep bilangan bulat. Hasil Wawancara: Berdasarkan wawancara yang kami lakukan, sebagian besar siswa melaporkan bahwa penggunaan media pembelajaran telah membantu mereka memahami konsep bilangan bulat dengan lebih baik. Mereka menyebutkan bahwa media pembelajaran ini memberikan visualisasi yang jelas tentang bilangan bulat positif dan negatif, sehingga memudahkan mereka dalam memahami konsep tersebut. Beberapa siswa juga melaporkan bahwa media pembelajaran ini membuat mereka lebih tertarik dan termotivasi dalam belajar tentang bilangan bulat. Mereka menyebutkan bahwa media tersebut memberikan variasi dalam pembelajaran dan membuat mereka lebih aktif dalam proses belajar. Namun, ada juga beberapa siswa yang melaporkan bahwa mereka masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep bilangan bulat meskipun telah menggunakan media pembelajaran. Mereka menyebutkan bahwa media tersebut tidak memberikan penjelasan yang cukup mendalam atau tidak memberikan latihan yang cukup untuk memperkuat pemahaman mereka. Diskusi: Berdasarkan hasil wawancara ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif. Namun, penting untuk memastikan bahwa media pembelajaran tersebut memberikan penjelasan yang jelas dan mendalam serta latihan yang memadai untuk memperkuat pemahaman siswa. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa penggunaan media pembelajaran dapat membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang bilangan bulat positif dan bilangan bulat negatif di kelas 6. Namun, perlu diperhatikan bahwa media pembelajaran tersebut harus memberikan penjelasan yang jelas dan mendalam serta latihan yang memadai untuk memperkuat pemahaman siswa. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan pembelajaran matematika siswa.