Keunikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Tempat PPL
Implementasi kurikulum merdeka di sekolah tempat PPL memiliki beberapa keunikan yang dapat ditemukan pada guru dan peserta didik. Keunikan ini dapat menjadi inspirasi dalam mengimplementasikan sistem pendidikan nasional yang saat ini dicanangkan. Pertama, keunikan yang dapat ditemukan pada guru adalah kemampuan mereka dalam mengadaptasi kurikulum merdeka dengan baik. Guru-guru di sekolah tempat PPL memiliki pemahaman yang mendalam tentang kurikulum merdeka dan mampu mengintegrasikan berbagai kompetensi dalam pembelajaran. Mereka mampu mengidentifikasi kebutuhan dan minat peserta didik serta mengembangkan strategi pembelajaran yang sesuai. Guru-guru ini juga memiliki kreativitas dalam menyusun materi pembelajaran yang menarik dan relevan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Kedua, keunikan yang dapat ditemukan pada peserta didik adalah kemandirian mereka dalam belajar. Peserta didik di sekolah tempat PPL memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar dan mengembangkan diri. Mereka memiliki kemampuan untuk mengatur waktu dan mengelola tugas-tugas pembelajaran secara mandiri. Peserta didik ini juga memiliki keinginan yang kuat untuk mencari informasi dan pengetahuan di luar ruang kelas. Mereka aktif dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mengembangkan minat dan bakat mereka. Selain itu, keunikan lain yang dapat ditemukan adalah adanya kolaborasi antara guru dan peserta didik dalam mengembangkan kurikulum merdeka. Guru dan peserta didik bekerja sama dalam merancang dan mengevaluasi pembelajaran. Mereka saling mendukung dan memberikan masukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Kolaborasi ini menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan saling menghargai. Dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, sekolah tempat PPL juga memiliki keunikan dalam memanfaatkan teknologi. Guru dan peserta didik menggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam pembelajaran. Mereka menggunakan media pembelajaran interaktif dan platform online untuk memfasilitasi pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Penggunaan teknologi ini juga membantu peserta didik untuk mengembangkan keterampilan digital yang penting dalam era digital saat ini. Dalam kesimpulan, implementasi kurikulum merdeka di sekolah tempat PPL memiliki keunikan yang dapat menjadi inspirasi dalam mengimplementasikan sistem pendidikan nasional. Keunikan ini meliputi kemampuan guru dalam mengadaptasi kurikulum merdeka, kemandirian peserta didik dalam belajar, kolaborasi antara guru dan peserta didik, serta pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Dengan memahami dan mengadopsi keunikan ini, sistem pendidikan nasional dapat lebih efektif dan relevan dengan kebutuhan peserta didik.