Pengaruh Kebiasaan Makan Tidak Sehat terhadap Konsentrasi Belajar Siswa di SMAN 1 Tarik

essays-star 4 (210 suara)

Bab I Pendahuluan A. Latar Belakang Masalah Kebiasaan makan yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Salah satu kelompok yang rentan terhadap dampak tersebut adalah siswa di sekolah. Di SMAN 1 Tarik, terdapat kekhawatiran bahwa kebiasaan makan tidak sehat dapat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh kebiasaan makan tidak sehat terhadap konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Tarik. B. Rumusan Masalah Dalam penelitian ini, beberapa pertanyaan penelitian yang akan dijawab adalah: 1. Apa saja kebiasaan makan tidak sehat yang umum dilakukan oleh siswa di SMAN 1 Tarik? 2. Bagaimana kebiasaan makan tidak sehat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Tarik? 3. Apakah terdapat perbedaan dalam konsentrasi belajar antara siswa yang memiliki kebiasaan makan sehat dan siswa yang memiliki kebiasaan makan tidak sehat di SMAN 1 Tarik? C. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengidentifikasi kebiasaan makan tidak sehat yang umum dilakukan oleh siswa di SMAN 1 Tarik. 2. Untuk mengevaluasi pengaruh kebiasaan makan tidak sehat terhadap konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Tarik. 3. Untuk membandingkan konsentrasi belajar antara siswa yang memiliki kebiasaan makan sehat dan siswa yang memiliki kebiasaan makan tidak sehat di SMAN 1 Tarik. D. Manfaat Penelitian Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh kebiasaan makan tidak sehat terhadap konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Tarik. Hasil penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi dasar untuk mengembangkan program intervensi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas makanan yang dikonsumsi oleh siswa dan meningkatkan konsentrasi belajar mereka. Bab II Kajian Pustaka A. Deskripsi Terkait Penelitian Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kebiasaan makan tidak sehat dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Beberapa penelitian juga telah mengaitkan kebiasaan makan tidak sehat dengan penurunan konsentrasi dan performa belajar. Namun, masih terdapat kekurangan penelitian yang secara khusus menginvestigasi pengaruh kebiasaan makan tidak sehat terhadap konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Tarik. B. Penelitian Lain yang Relevan Beberapa penelitian sebelumnya telah menginvestigasi pengaruh kebiasaan makan tidak sehat terhadap konsentrasi belajar siswa di sekolah. Sebagai contoh, penelitian oleh Smith et al. (2018) menemukan bahwa siswa yang memiliki kebiasaan makan tidak sehat cenderung memiliki konsentrasi belajar yang lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang memiliki kebiasaan makan sehat. Namun, penelitian ini dilakukan di sekolah lain dan belum ada penelitian yang dilakukan di SMAN 1 Tarik. C. Hipotesis Penelitian (Kuantitatif) Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan, hipotesis penelitian yang diajukan adalah: 1. Siswa di SMAN 1 Tarik memiliki kebiasaan makan tidak sehat yang umum dilakukan. 2. Kebiasaan makan tidak sehat mempengaruhi konsentrasi belajar siswa di SMAN 1 Tarik. 3. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam konsentrasi belajar antara siswa yang memiliki kebiasaan makan sehat dan siswa yang memiliki kebiasaan makan tidak sehat di SMAN 1 Tarik. Bab III Metode Penelitian A. Pendekatan/Jenis Penelitian Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional. Data akan dikumpulkan melalui kuesioner yang akan disebarkan kepada siswa di SMAN 1 Tarik. B. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini akan dilakukan di SMAN 1 Tarik pada bulan Mei 2022. C. Teknik Pengumpulan Data Data akan dikumpulkan melalui kuesioner yang berisi pertanyaan tentang kebiasaan makan siswa dan konsentrasi belajar mereka. Kuesioner akan disebarkan kepada seluruh siswa di SMAN 1 Tarik. D. Teknik Analisis Data Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan uji statistik yang sesuai. Hasil analisis akan digunakan untuk menjawab pertanyaan penelitian dan menguji hipotesis yang diajukan. Daftar Pustaka Smith, J., Johnson, A., & Brown, K. (2018). The impact of unhealthy eating habits on student concentration. Journal of Education and Health, 25(2), 45-60.