Pengaruh Motivasi Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa: Studi Kasus di Sekolah XYZ"\x0a\x0a2.
Siswa yang enggan belajar dan tidak bersemangat dalam menerima pelajaran di kelas merupakan masalah yang sering dihadapi oleh para guru. Hal ini tercermin dari hasil belajar siswa yang kurang memuaskan, dengan banyaknya nilai dibawah standar kelulusan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi diri terhadap prestasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X di Sekolah XYZ. Data-data mengenai permasalahan penelitian, tujuan, desain penelitian, lokasi dan tempat penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, serta hasil penelitian disediakan sebagai berikut.
Hasil belajar siswa menjadi kurang memuaskan karena masih banyak nilai dibawah standar kelulusan yakni dibawah 75 (daftar nilai rapor semester 2 tahun ajaran 2013/2014). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi diri terhadap prestasi belajar siswa.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas X di Sekolah XYZ. Data-data mengenai permasalahan penelitian, tujuan, desain penelitian, lokasi dan tempat penelitian, populasi dan sampel, teknik pengumpulan data, serta hasil penelitian disediakan sebagai berikut.
Dari hasil wawancara dengan para guru dan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa motivasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Siswa dengan motivasi diri yang tinggi cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan siswa dengan motivasi diri yang rendah.
Dengan demikian, penting bagi para guru untuk memberikan dorongan