Kendala dalam Pembelajaran Tahfidz di SMPTQ Telaga Ilmu Yogyakart
Penelitian yang dilakukan oleh penulis di SMPTQ Telaga Ilmu Yogyakarta mengungkapkan beberapa kendala dalam pembelajaran tahfidz di sekolah tersebut. Salah satu kendala yang dihadapi adalah perbedaan kemampuan siswa dalam mempelajari tajwid. Ustadzah yang juga sebagai koordinator Tahfidz di sekolah tersebut menjelaskan bahwa setiap siswa memiliki tingkat pemahaman yang berbeda terkait dengan tajwid. Hal ini membuat proses pembelajaran menjadi lebih menantang, karena guru harus mampu mengakomodasi kebutuhan belajar setiap siswa secara individual. Selain itu, kendala lain yang ditemui adalah kemampuan siswa dalam menghafal Alquran. Setiap siswa memiliki kecepatan dan daya ingat yang berbeda-beda dalam menghafal ayat-ayat Alquran. Beberapa siswa mungkin lebih cepat dalam menghafal, sementara yang lain membutuhkan waktu yang lebih lama. Hal ini menuntut guru untuk menggunakan pendekatan yang berbeda dalam mengajar dan membantu siswa dalam menghafal Alquran. Selanjutnya, kemampuan siswa dalam menjaga hafalan Alquran juga menjadi kendala dalam pembelajaran tahfidz. Setelah siswa berhasil menghafal ayat-ayat Alquran, tantangan selanjutnya adalah bagaimana mereka dapat menjaga hafalan tersebut agar tetap terjaga dan tidak terlupakan. Beberapa siswa mungkin mengalami kesulitan dalam menjaga hafalan mereka karena kurangnya latihan atau kurangnya motivasi. Oleh karena itu, guru perlu memberikan dukungan dan bimbingan kepada siswa dalam menjaga hafalan mereka. Dalam mengatasi kendala-kendala tersebut, SMPTQ Telaga Ilmu Yogyakarta telah melakukan beberapa upaya. Salah satunya adalah dengan memberikan pembelajaran tajwid yang intensif dan mendalam kepada siswa. Guru-guru di sekolah tersebut juga memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa dalam menghafal Alquran. Selain itu, sekolah juga mengadakan kegiatan penghafalan bersama dan perlombaan tahfidz untuk meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam menghafal Alquran. Dalam kesimpulan, pembelajaran tahfidz di SMPTQ Telaga Ilmu Yogyakarta menghadapi beberapa kendala terkait dengan perbedaan kemampuan siswa dalam mempelajari tajwid, menghafal Alquran, dan menjaga hafalan. Namun, sekolah telah melakukan upaya untuk mengatasi kendala-kendala tersebut melalui pembelajaran intensif, bimbingan, dan motivasi kepada siswa. Dengan adanya upaya ini, diharapkan siswa dapat mengatasi kendala-kendala tersebut dan mencapai kemajuan dalam pembelajaran tahfidz.