Menguak Peran Objek dan Subjek dalam Penilaian Berbasis Aktivitas (PBA) ##

essays-star 3 (217 suara)

Penilaian Berbasis Aktivitas (PBA) merupakan pendekatan penilaian yang menekankan pada proses belajar dan hasil yang dicapai melalui aktivitas nyata. Dalam PBA, objek dan subjek penilaian memiliki peran yang saling melengkapi dan penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Objek Penilaian dalam PBA merujuk pada aspek-aspek yang ingin dinilai, seperti pengetahuan, keterampilan, sikap, atau produk yang dihasilkan siswa. Objek penilaian ini harus dirumuskan dengan jelas dan terukur, sehingga dapat diukur dan dinilai secara objektif. Contoh objek penilaian dalam PBA bisa berupa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, presentasi hasil penelitian, atau pembuatan karya seni. Subjek Penilaian dalam PBA adalah siswa yang dinilai. Subjek penilaian ini memiliki peran aktif dalam proses pembelajaran dan penilaian. Mereka terlibat dalam aktivitas yang dirancang untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan hasil aktivitas mereka menjadi dasar penilaian. Subjek penilaian diharapkan dapat menunjukkan kemampuan dan pemahaman mereka melalui aktivitas yang dilakukan. Hubungan Objek dan Subjek dalam PBA: Objek dan subjek penilaian dalam PBA saling terkait dan saling mempengaruhi. Objek penilaian menentukan apa yang ingin dinilai, sedangkan subjek penilaian menunjukkan kemampuan dan pemahaman mereka melalui aktivitas yang dirancang untuk mencapai objek penilaian tersebut. Contoh Penerapan: Misalnya, dalam mata pelajaran IPA, objek penilaian bisa berupa kemampuan siswa dalam melakukan percobaan ilmiah. Subjek penilaian adalah siswa yang melakukan percobaan tersebut. Guru dapat menilai kemampuan siswa dalam merancang percobaan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan: Objek dan subjek penilaian dalam PBA memiliki peran yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Objek penilaian memberikan arah dan fokus pada proses penilaian, sedangkan subjek penilaian menunjukkan kemampuan dan pemahaman mereka melalui aktivitas yang dirancang untuk mencapai objek penilaian tersebut. Dengan memahami peran objek dan subjek dalam PBA, guru dapat merancang dan melaksanakan penilaian yang lebih efektif dan bermakna bagi siswa.