Mengatasi Tantangan Belajar Anak dengan Kebutuhan Khusus di Kelas 1 SD
Anak dengan kebutuhan khusus seringkali menghadapi tantangan dalam belajar di kelas. Salah satu contoh kasus adalah seorang anak berusia 7,5 tahun yang menunjukkan beberapa indikasi kekhususan. Anak ini tidak melihat lawan bicara saat diajak berbicara, tampak acuh terhadap orang yang mengajaknya berbicara. Selain itu, anak ini juga tidak nyambung ketika diajak berkomunikasi dan sering berjalan mengelilingi kelas tanpa arah dengan tatapan kosong, kadang-kadang sambil berlari-lari kecil dan berteriak sedikit. Ketika diajak bermain dengan teman sekelasnya, anak ini menunjukkan sikap acuh dan lebih memilih bermain sendiri dengan mainan favoritnya, yaitu pulpen yang selalu dipegangnya sepanjang hari. Anak ini juga memiliki kecenderungan untuk merapikan buku-buku di perpustakaan secara rapih. Jika ada yang mengacak-acak buku-buku tersebut dengan sengaja, anak ini akan marah atau tantrum. Namun, kemampuan belajarnya rendah karena anak ini belum bisa duduk dengan tenang di kursi dan tidak fokus saat guru berbicara karena tidak melakukan kontak mata. Bicaranya sering diulang-ulang dengan frasa seperti "tidak, tidak mau makan, mau makan, tidak belajar, biar belajar". Meskipun demikian, anak ini mampu melafalkan dan menuliskan benda-benda dalam bahasa Inggris, meskipun hanya ketika dia mau melakukannya. Jika guru memberi instruksi namun anaknya sedang tidak mood, maka instruksi tersebut tidak akan dikerjakan. Dari cerita tersebut, terdapat indikasi bahwa anak ini memiliki kekhususan dalam perkembangannya. Beberapa indikasi tersebut meliputi kesulitan dalam berkomunikasi, kurangnya perhatian dan fokus, serta kecenderungan untuk melakukan rutinitas tertentu. Indikasi-indikasi ini menunjukkan kemungkinan adanya gangguan perkembangan seperti autisme atau gangguan spektrum autisme. Untuk membantu anak ini belajar secara klasikal di kelas, tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan observasi dan penilaian yang komprehensif terhadap anak tersebut. Dalam teori pendidikan inklusif, pendekatan individualisasi dan diferensiasi pembelajaran sangat penting. Guru perlu memahami kebutuhan khusus anak ini dan menyusun strategi pembelajaran yang sesuai. Misalnya, guru dapat menggunakan metode pengajaran yang lebih visual dan berbasis aktivitas, serta memberikan instruksi secara langsung dan jelas. Selain itu, guru juga perlu menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung, serta melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran anak. Dalam hal ini, kerjasama antara guru, orang tua, dan tenaga profesional seperti psikolog atau terapis dapat sangat membantu. Dengan pendekatan yang tepat dan dukungan yang memadai, anak dengan kebutuhan khusus dapat mengatasi tantangan belajar mereka dan mencapai potensi penuh mereka di kelas.