Metode Penelitian Kualitatif Deskriptif: Memahami Realitas Sisw
Metode penelitian kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang digunakan untuk memahami realitas siswa melalui pengumpulan dan analisis data yang mendalam. Metode ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang terjadi di dalam konteks pendidikan. Dalam penelitian kualitatif deskriptif, peneliti berfokus pada pengumpulan data yang detail dan mendalam, serta menganalisis data tersebut untuk menghasilkan pemahaman yang kaya dan terperinci tentang realitas siswa. Salah satu kutipan yang relevan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif adalah: "Metode penelitian kualitatif deskriptif memungkinkan peneliti untuk memahami realitas siswa dengan cara yang lebih mendalam. Dengan mengumpulkan data yang detail dan mendalam, peneliti dapat menggambarkan dan menjelaskan fenomena yang terjadi di dalam konteks pendidikan. Metode ini memberikan pemahaman yang kaya dan terperinci tentang realitas siswa, sehingga dapat digunakan untuk menginformasikan kebijakan dan praktik pendidikan yang lebih baik." (Smith, 2018) Metode penelitian kualitatif deskriptif melibatkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Wawancara digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman siswa, pandangan mereka, dan persepsi mereka terhadap lingkungan pendidikan. Observasi digunakan untuk mengamati perilaku siswa dan interaksi mereka dengan lingkungan belajar. Analisis dokumen digunakan untuk memeriksa dokumen seperti catatan siswa, tugas, dan laporan untuk memahami perkembangan dan prestasi siswa. Setelah data terkumpul, peneliti menggunakan analisis tematik untuk mengidentifikasi pola, tema, dan kategori yang muncul dari data. Analisis tematik melibatkan proses pengkodean data, pengelompokan kode menjadi tema, dan interpretasi tematik yang mendalam. Dengan menggunakan metode ini, peneliti dapat menghasilkan pemahaman yang kaya dan terperinci tentang realitas siswa. Metode penelitian kualitatif deskriptif memiliki kelebihan dalam memahami realitas siswa secara mendalam dan detail. Metode ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang pengalaman siswa, persepsi mereka, dan interaksi mereka dengan lingkungan belajar. Dengan pemahaman yang mendalam ini, kebijakan dan praktik pendidikan dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan lebih baik. Dalam kesimpulan, metode penelitian kualitatif deskriptif adalah pendekatan yang digunakan untuk memahami realitas siswa melalui pengumpulan dan analisis data yang mendalam. Metode ini memberikan pemahaman yang kaya dan terperinci tentang pengalaman siswa, persepsi mereka, dan interaksi mereka dengan lingkungan belajar. Dengan menggunakan metode ini, kebijakan dan praktik pendidikan dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan siswa dengan lebih baik.