Analisis Hasil Penilaian Harian Matematika Siswa Kelas VI SD Cemerlang

essays-star 4 (215 suara)

Hasil penilaian harian Matematika siswa kelas VI SD Cemerlang disajikan dalam tabel berikut: Nilai Frekuensi 5 4 4 6 6 8 8 7 7 10 10 8 8 6 6 2 Dari data di atas, dapat dilihat bahwa rata-rata hasil penilaian harian Matematika suatu kelas adalah 6.9. Namun, jika nilai 4 dan 6 digabungkan, rata-ratanya menjadi 6. Pertanyaannya adalah berapa banyak siswa yang semula mengikuti penilaian harian Matematika tersebut? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menghitung jumlah siswa yang memperoleh nilai kurang dari atau sama dengan 6. Dari data yang diberikan, terdapat 4 siswa yang memperoleh nilai 4 dan 6 siswa yang memperoleh nilai 6. Jadi, total ada 10 siswa yang memperoleh nilai kurang dari atau sama dengan 6. Dengan demikian, jawaban atas pertanyaan tersebut adalah ada 10 siswa yang semula mengikuti penilaian harian Matematika tersebut. Dalam analisis ini, kita dapat melihat bahwa rata-rata hasil penilaian harian Matematika suatu kelas dapat dipengaruhi oleh adanya nilai yang lebih rendah atau lebih tinggi dari rata-rata. Dalam kasus ini, gabungan nilai 4 dan 6 menyebabkan rata-rata menjadi 6. Analisis ini memberikan wawasan tentang distribusi nilai siswa dalam penilaian harian Matematika dan dapat digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan pembelajaran di kelas tersebut.