Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stayi terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Mont
Pendahuluan: Pada era pendidikan yang terus berkembang, model pembelajaran yang efektif menjadi kunci untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang telah terbukti efektif adalah model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi. Model ini menekankan pada kerja sama antara siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 2 Monta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan teknik statistik. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Diskusi: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Model ini mendorong siswa untuk bekerja sama, saling membantu, dan saling mendukung dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dalam konteks SMAN 2 Monta, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa di SMAN 2 Monta. Model ini dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, disarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe Two Stayi diterapkan secara luas di sekolah-sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.