Hubungan antara Kinerja Ujian, Waktu yang Dihabiskan untuk Mempersiapkan Ujian, dan Kecemasan dalam Mempersiapkan Ujian
Dalam penelitian ini, kami akan membahas hubungan antara kinerja ujian, waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian, dan tingkat kecemasan dalam mempersiapkan ujian. Kami akan menggunakan data yang diperoleh dari hasil output SPSS untuk menjelaskan temuan kami. Pertama, mari kita lihat hipotesis penelitian yang diajukan dalam penelitian ini. Hipotesis nol (H0) adalah bahwa tidak ada hubungan antara kinerja ujian, waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian, dan kecemasan dalam mempersiapkan ujian. Hipotesis alternatif (Ha) adalah bahwa ada hubungan antara kinerja ujian, waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian, dan kecemasan dalam mempersiapkan ujian. Selanjutnya, mari kita tinjau kesimpulan dari uji hipotesis yang dilakukan. Berdasarkan hasil output SPSS, kami dapat melihat bahwa terdapat korelasi negatif yang signifikan antara kinerja ujian dan kecemasan dalam mempersiapkan ujian (r = -0,441, p < 0,01). Artinya, semakin tinggi tingkat kecemasan dalam mempersiapkan ujian, semakin rendah kinerja ujian yang dicapai. Selain itu, terdapat korelasi negatif yang signifikan antara waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian dan kecemasan dalam mempersiapkan ujian (r = -0,709, p < 0,01). Ini menunjukkan bahwa semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian, semakin rendah tingkat kecemasan yang dirasakan. Dengan demikian, berdasarkan temuan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja ujian, waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian, dan kecemasan dalam mempersiapkan ujian. Tingkat kecemasan yang tinggi dapat mempengaruhi kinerja ujian, sedangkan waktu yang cukup untuk mempersiapkan ujian dapat mengurangi tingkat kecemasan yang dirasakan. Dalam konteks ini, penting bagi siswa untuk mengelola waktu mereka dengan baik dan mengurangi tingkat kecemasan dalam mempersiapkan ujian. Hal ini dapat dilakukan dengan cara merencanakan jadwal belajar yang efektif, menggunakan teknik relaksasi, dan mencari dukungan dari teman dan keluarga. Dalam kesimpulan, penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan antara kinerja ujian, waktu yang dihabiskan untuk mempersiapkan ujian, dan kecemasan dalam mempersiapkan ujian adalah signifikan. Siswa perlu menyadari pentingnya mengelola waktu dan mengurangi tingkat kecemasan dalam mempersiapkan ujian untuk mencapai kinerja ujian yang lebih baik.