Teori Belajar Bermakna Ausubel: Mengasosiasikan Fenomena Baru dengan Skema yang Ad

essays-star 4 (235 suara)

Teori Belajar Bermakna Ausubel, yang dikemukakan oleh Noval dan Jan Hánesian pada tahun 1978, mengidentifikasi dua jenis belajar, yaitu belajar bermakna (myanimaful learning) dan belajar menghafal (rote learning). Menurut teori ini, peserta didik belajar dengan cara mengaitkan informasi baru dengan pengertian yang sudah dimiliki oleh mereka. Jika pengertian yang dimiliki peserta didik berbeda dengan konsep yang diajarkan di kelas, maka informasi baru harus dipelajari melalui belajar menghafal. Dalam proses ini, informasi baru tidak diasosiasikan dengan konsep yang telah ada dalam struktur kognitif peserta didik. Belajar menghafal ini diperlukan ketika seseorang memperoleh informasi baru dalam dunia pengetahuan yang sama sekali tidak berhubungan dengan apa yang telah diketahui sebelumnya (Ausubel dkk., 1968 dan Novak, 1977). Menurut Ausubel, seseorang belajar dengan mengasosiasikan fenomena baru ke dalam skema yang telah dimiliki dan dalam prosesnya, seseorang dapat mengembangkan skema yang ada atau mengubahnya. Dalam proses belajar ini, peserta didik secara aktif mengonstruksi apa yang mereka pelajari (Suparmo, 1997). Teori Belajar Bermakna Ausubel menekankan pentingnya mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran peserta didik. Dengan mengasosiasikan fenomena baru dengan skema yang ada, peserta didik dapat memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Dalam konteks pembelajaran IPA, teori ini memiliki implikasi yang signifikan. Peserta didik dapat memanfaatkan pengetahuan yang sudah dimiliki tentang konsep-konsep ilmiah untuk memahami fenomena-fenomena baru yang diajarkan di kelas. Dengan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada, peserta didik dapat memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep ilmiah dan mengembangkan skema yang lebih kompleks. Dalam kesimpulan, Teori Belajar Bermakna Ausubel menekankan pentingnya mengasosiasikan informasi baru dengan pengetahuan yang sudah ada dalam pikiran peserta didik. Dengan mengaitkan fenomena baru dengan skema yang ada, peserta didik dapat memahami dan mengingat informasi dengan lebih baik. Dalam konteks pembelajaran IPA, teori ini memiliki implikasi yang signifikan dalam memperkuat pemahaman peserta didik tentang konsep-konsep ilmiah.