Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Projek Penguatan Karakter

essays-star 4 (384 suara)

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan salah satu upaya untuk mencapai profil pelajar yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dalam visi pendidikan Indonesia, tujuan utama adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila tidak hanya berfokus pada kemampuan kognitif, tetapi juga sikap dan perilaku yang sesuai dengan jati diri sebagai bangsa Indonesia dan warga dunia. Projek penguatan profil pelajar Pancasila memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk "mengalami pengetahuan" sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Modul P5 merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah media pembelajaran, dan asesmen yang dibutuhkan untuk melaksanakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. Pendidik pada satuan pendidikan memiliki keleluasaan untuk membuat, memilih, dan memodifikasi modul projek yang sesuai dengan konteks, karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan modul projek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik, serta memodifikasi menggunakan modul projek yang disediakan sesuai dengan karakteristik daerah, satuan, dan peserta didik. Contoh-contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila tersedia di platform Merdeka Mengajar, yang dapat dijadikan inspirasi untuk pengembangan modul projek. Dengan adanya projek penguatan profil pelajar Pancasila, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan karakter yang kuat, memiliki pemahaman yang mendalam tentang nilai-nilai Pancasila, dan mampu menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Projek ini juga dapat membantu peserta didik untuk menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.