Mengapa Sugiono Menyukai Matematika dan Menghargai Bahasa Indonesi

essays-star 4 (225 suara)

Sugiono, seorang siswa kelas 6 SD, awalnya tidak suka matematika, tetapi setelah duduk di kelas 6 dan diajarkan oleh Ibu Ayu, dia mulai menyukai subjek tersebut. Ibu Ayu selalu mengajak anak-anak untuk menghubungkan bentuk-bentuk geometri yang sedang dipelajari dengan benda-benda di sekitar mereka. Misalnya, ketika mereka membahas kubus, kerucut, dan silinder, anak-anak diminta membawa benda-benda dari rumah seperti kotak sepatu kaleng susu, stoples, dan caping (topi petani). Selain itu, Ibu Ayu juga menyediakan tiruan benda-benda tersebut dari kertas. Anak-anak dibimbing untuk menemukan rumus untuk menghitung volume atau isi benda-benda tersebut. Prestasi belajar Sugiono meningkat, dan dia sering dipuji oleh Ibu Ayu karena menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu dan benar.

Namun, dalam pelajaran bahasa Indonesia yang diajarkan oleh Ibu Anita, Sugiono merasa bosan dan mengantuk. Dia sering merasa terganggu oleh tugas membaca secara bergilir, dan mencoba menghindari itu dengan menghitung baris mana yang akan menjadi bagian miliknya. Ketika gilirannya tiba, Sugiono membaca baris yang telah ditandai oleh Ibu Anita, tetapi dia tidak mendengarkan teman-temannya yang membaca, dan sebaliknya membaca komik yang dibawanya.

Dalam kedua kasus ini, Sugiono menemukan kegembiraan dan kepuasan dalam matematika dan bahasa Indonesia. Dalam matematika, dia menemukan kegembiraan dalam menghubungkan bentuk-bentuk geometri dengan benda-benda di sekitar mereka, dan dia menemukan kepuasan dalam menemukan rumus untuk menghitung volume atau isi benda-benda tersebut. Dalam bahasa Indonesia, dia menemukan kegembiraan dalam membaca komik dan kepuasan dalam menghindari tugas membaca secara bergilir.

Sebagai guru bahasa Indonesia, saya akan merancang kegiatan belajar yang mampu membuat anak-anak yang gemar membaca seperti Sugiono. Saya akan mengajak mereka membawa buku atau artikel favorit mereka dan membagi mereka menjadi kelompok kecil untuk membaca secara bergilir. Saya juga akan memberikan tugas untuk mereka membuat ringkasan singkat dari artikel atau buku mereka, dan kemudian membagi kelompok mereka untuk berbagi ringkasan mereka dengan kelas. Ini akan memungkinkan anak-anak untuk mengembangkan keterampilan membaca mereka dan juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pengetahuan dan pemikiran mereka dengan kelas.